DetikNews
Selasa 04 September 2018, 14:26 WIB

Ini Lho Koleksi Paling Berharga di Museum Kematian Unair

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ini Lho Koleksi Paling Berharga di Museum Kematian Unair Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File
Surabaya - Dari beragam koleksi yang dimiliki Museum Kematian di Universitas Airlangga (Unair), ternyata ada yang dianggap paling berharga. Apa itu?

Disebutkan salah satu pengurus museum, Desi Bestiana, koleksi berharga tersebut tak lain adalah kerangka manusia karena di museum ini, beberapa makam yang ditampilkan juga dilengkapi dengan tulang-belulang asli manusia.

Tulang ini merupakan sisa-sisa dari tubuh manusia yang sebelumnya tak ditemukan forensiknya. Biasanya didapat dari korban kecelakaan hingga pembunuhan yang tidak ada identitasnya. Desi mengatakan tulang ini dipinjamkan langsung oleh pihak kepolisian.


"Kalau di sini semuanya berharga. Kita sangat menghormati sisa-sisa terutama kerangka manusia, karena mereka juga pernah hidup. Jadi kita sangat merawat kerangka manusianya," tutur Desi kepada detikcom, Selasa (4/9/2018).

Desi menambahkan tulang-belulang ini juga mendapatkan perawatan khusus. Diterangkan Desi, biasanya pengelola museum menyimpan tulang belulang ini di dalam kotak kayu. Hal ini untuk mencegah tulang tersebut dimakan rayap.


Tak hanya itu, beberapa tulang yang digunakan untuk uji forensik juga diletakkan dalam lemari kaca.

"Sebenarnya ndak ada perawatan khusus, ini misalnya kita taruh di dalam peti kayu untuk menjaga supaya ndak dimakan rayap. Ada juga beberapa yang kita taruh lemari kaca," terangnya.


Selain itu, tak semua koleksi dalam museum adalah replika, tetapi ada pula yang diambil langsung dari asalnya semisal guci yang berisi abu hasil pembakaran jenazah hingga suvenir khas kematian seperti waruga.

"Kan mahasiswa itu sering PKL ke luar kota dengan tema macem-macem. Biasanya itu kita menemukan benda-benda etnografi. Dari situ kita kumpulkan," ungkap Desi.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed