Sarah, Pesilat yang Raih Emas Asian Games Diarak Keliling Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 04 Sep 2018 13:05 WIB
Sarah saat diarak di atas jeep terbuka (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Binar terpancar dari wajah Sarah Tria Monita peraih medali emas cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018. Wajah gembira itu terlihat saat Sarah diarak keliling Kota Surabaya.

Peraih medali emas di kelas C atau 55kg-60 kg itu mendapatkan kado istimewa dari kampus STIE Urip Sumaharjo, tempat ia menimba ilmu. Menggunakan mobil jeep, Sarah diarak dan dieluk-elukkan civitas akademi kampusnya. Sayangnya Sarah tak didampingi suaminya, Iqbal Chandra Pratama, yang masih berada di Kalimantan. Iqbal juga merupakan atlet pencak silat yang turut menyumbangkan emas bagi Indonesia.

Perempuan berparas ayu kelahiran Lampung 23 tahun silam itu mengaku bangga mendapatkan penghormatan dengan diarak bersama civitas akademika STIE Urip Sumoharjo.

"Sangat luar biasa. Bangga sekali," kata Sarah di depan kampus STIE Urip Sumaharjo, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (4/9/2018).


Atas capaiannya meraih medali emas, Sarah berharap prestasinya ini dapat diteruskan oleh rekan-rekannya, atau teman-temannya yang ada di kampus.

"Ini yang pertama bagi Sarah. Semoga teman-teman bisa mengulangnya lagi," ungkap Sarah dengan terus tersenyum.

Mahasiswi angkatan 2013 tersebut mengaku saat ini sedang menempuh semester akhir pada jurusan manajemen. "Sekarang sudah semester akhir. Lagi mau skripsi," ujar Sarah.

Atas capaiannya meraih emas, Sarah mendapatkan bonus progam beasiswa dari pihak Yayasan Urip Sumoharjo yang menaungi kampus STIE Urip Sumoharjo berupa voucher pendidikan sebesar Rp 75 juta.


"Seluruh biaya dari awal hingga terakhir akan digratiskan. Selain itu, kami akan memberikan voucher perkulihaan sebesar Rp 75 juta yang nantinya akan diserahkan kepada Sarah untuk dipakai adik-adiknya untuk memilih di dua kampus satu binaan Yayasan Udatin Stikes Surabaya dan STIEUS," kata Ketua Pembina Yayasan Urip Sumoharjo Ahmad Harianto.

Ahmad menjelaskan alasan memberikan apresiasi dari pihak kampus kepada Sarah ialah aturan di perguruan tinggi bahwa ada rekognisi (pengakuan) dari pencapaian-pencapaian mahasiswa berupa penghargaan atau catatan yang bisa di-SKS-kan.

"Apresiasi dari kampus, akan diberikan kemudahan untuk menyelesaikan perkuliahannya. Sesungguhnya yang dilakukan adalah prestasi yang harus diakui, ada rekognisinya," tandas Ahmad. (iwd/iwd)