DetikNews
Senin 03 September 2018, 15:05 WIB

Emak-emak di Banyuwangi Demo Tolak Deklarasi 2019GantiPresiden

Ardian Fanani - detikNews
Emak-emak di Banyuwangi Demo Tolak Deklarasi 2019GantiPresiden Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Penolakan rencana Deklarasi 2019GantiPresiden di Banyuwangi terus bergulir. Puluhan perempuan yang mengatasnamakan 'Forum Peduli Tanah Pusaka', menggelar demo di depan Mapolres Banyuwangi.

"Ojo golek ruwet nong Banyuwangi. Banyuwangi cinta damai," ujar Susiana, salah satu orator aksi, Senin (3/9/2018).


Menurut Ketua Forum Peduli Tanah Pusaka, Khoirul Anam, masyarakat Banyuwangi tidak ingin diadu domba dengan adanya gerakan 2019GantiPresiden. Menurutnya aksi yang mereka lakukan bukan atas dasar keterpihakan. Melainkan sebagai bentuk kecintaan pada praktik politik beretika. Atau yang mengarah pada politik pecah belah.

"Dari situ sudah jelas, bahwa gerakan 2019GantiPresiden bertentangan dengan konstitusi dan merupakan gerakan gerombolan pengacau keamanan serta makar, untuk itu gerakan ini harus segera dihentikan," ujarnya.

Emak-emak di Banyuwangi Demo Tolak Deklarasi 2019GantiPresidenFoto: Ardian Fanani

Sementara itu, aksi kegiatan penolakan deklarasi 2019GantiPresiden ini akan berlangsung sampai 4 Agustus mendatang. Baru pada 5 September 2018 nanti, massa anti 2019GantiPresiden akan mendatangkan massa yang lebih banyak bila kelompok pro nekad menggelar aksi.


Puas menyampaikan aspirasi didepan Mapolres Banyuwangi, massa menggelar longmarch menuju kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Kepada wakil rakyat pendemo meminta dukungan agar gerakan #2019GantiPresiden dilenyapkan dari kabupaten ujung timur Pulau Jawa.

Dalam aksinya ini, emak-emak istri nelayan membawa poster bertuliskan, 'Ojo Golek Ruwed Nang Bumi Blambangan!', 'Lare Osing Menolak Deklarasi tagar 2019GantiPresiden'.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed