DetikNews
Rabu 29 Agustus 2018, 15:14 WIB

7 Hari Hilang, Nelayan Penangkap Gurita di Pacitan Ditemukan Tewas

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
7 Hari Hilang, Nelayan Penangkap Gurita di Pacitan Ditemukan Tewas Foto: Purwoto Sumodiharjo
Pacitan - 7 Hari pencarian, akhirnya jasad Agus Sunaryo (30) nelayan penangkap gurita ditemukan meninggal. Jenazah korban didapati mengapung di perairan Pantai Kunir, Kecamatan Sudimoro. Lokasi penemuan berjarak 250 meter dari titik terjadinya kecelakaan.

"Dari pengenalan pakaian yang ada dikenali keluarga korban bahwa ini adalah saudara Agus Sunaryo yang tenggelam pada tanggal 23 Agustus yang lalu," terang AKP Waluyo, Kapolsek Sudimoro kepada wartawan di halaman kamar jenazah RSUD dr Darsono, Jalan Ahmad Yani, Pacitan, Rabu (29/8/2018).

Perwira polisi yang baru sepekan menjabat di wilayah timur Pacitan itu menjelaskan, jenazah korban pertama kali ditemukan nelayan bernama Kholil. Warga Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, itu sedang mancing saat mendapati sesosok tubuh mengapung di perairan. Dia pun lantas menelepon keluarga korban.

Berbekal informasi tersebut kerabat korban bernama Sunarti lalu meneruskan kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (pokmaswas) Pantai Tawang. Mereka lantas berangkat bersama unsur TNI/Polri, BPBD, dan unsur masyarakat lain menuju le lokasi.


"Sekitar pukul 10.30 WIB korban berhasil dievakuasi untuk selanjutnya kami bawa dengan mobil patroli ke RSUD untuk visum et repertum," papar Waluyo.

Usai menjalani visum, jenazah korban diserahkan kepada keluarga untuk di makamkan. Jenazah diantar dengan ambulan menuju Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan.

Sebelum musibah menimpa, Kamis (23/8/2018) pagi, korban Agus bersama Tumiyat, mertuanya, mencari gurita di sekitar lokasi. Mereka berangkat dari Pantai Tawang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo yang berjarak sekitar 10 Km.

Saat menurunkan umpan gurita tiba-tiba datang hempasan gelombang. Dampaknya, perahu yang mereka tumpangi oleng dan karam. Kedua nelayan tradisional itu pun tercebur ke laut. Tumiat dapat menyelamatkan diri dan mencari pertolongan. Sedangkan Agus dilaporkan hilang.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed