DetikNews
Rabu 29 Agustus 2018, 13:34 WIB

Salah Satu Pembuat Boneka Maskot Asian Games 2018 Ada di Malang Lho

Muhammad Aminudin - detikNews
Salah Satu Pembuat Boneka Maskot Asian Games 2018 Ada di Malang Lho Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Siapa sangka salah satu produsen boneka maskot Asian Games 2018, yaitu Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka ternyata ada di Kota Malang.

Pengerjaan boneka maskot itu dilakukan oleh Istana Boneka, produsen boneka yang beralamat di Jalan Gotong Royong, Kota Malang. Istana Boneka merupakan satu dari beberapa pabrik boneka yang diajak bekerjasama untuk menghasilkan boneka maskot.

Setiap hari, sebanyak 300 pekerja mampu menyelesaikan lebih dari 3.000 boneka maskot untuk event olahraga terbesar se-Asia itu. Setelah selesai, boneka-boneka ini kemudian dikirim kepada pemegang lisensi resmi, yakni PT Madonna Variakreasi.


"Kami hanya membuat saja. Setelah jadi, kami kirim ke pemegang lisensi resmi," ungkap pemilik Istana Boneka, Susan Soewono, kepada detikcom, Rabu (29/8/2018).

Susan menambahkan, pada awalnya Istana Boneka membuat desain gambar boneka yang akan dibuat. Kemudian mereka memperoleh panduan khusus dari panitia Asian Games 2018 agar boneka yang dihasilkan memenuhi standar.

Salah Satu Pembuat Boneka Maskot Asian Games 2018 Ada di Malang LhoSuasana produksi boneka maskot Asian Games 2018 di Istana Boneka. (Foto: Muhammad Aminudin)

Standar ini juga berlaku untuk warna dan ukuran tertentu dari boneka maskot yang ditentukan panitia Asian Games 2018.

"Kami sebelumnya membuat desain gambar sebelum memproduksi bonekanya. Setelah kami mendapat style guide dari panitia Asian Games, kami lakukan proses 3D yang kemudian dikirim approval kepada panitia," beber Susan.


Setelah tercapai kesepakatan desain, produksi boneka pun dimulai. Istana Boneka sendiri telah memproduksi boneka maskot Asian Games 2018 dalam berbagai ukuran, mulai dari besar, sedang dan kecil, termasuk suvenir lainnya seperti gantungan kunci, tas dan bando. "Variannya puluhan yang kami produksi," imbuh Susan.

Susan pun bersyukur meski permintaan sangat tinggi, namun tenaga kerjanya mampu mengimbangi hal itu. "Produksi sudah final, kami memulainya sejak April lalu. Pemintaan tinggi, karena mungkin ini event internasional," tuturnya.

Susan menambahkan, boneka maskot bikinan mereka tak hanya dijual di sekitar venue Asian Games, tetapi juga disebar di 40 outlet di seluruh Indonesia.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed