DetikNews
Selasa 28 Agustus 2018, 16:27 WIB

Resmikan Gedung di Mapolda Jatim, Ini Harapan Kapolri

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Resmikan Gedung di Mapolda Jatim, Ini Harapan Kapolri Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meresmikan empat gedung di markas Polda Jatim. Di sela peresmian, Tito meminta para aparat untuk lebih meningkatkan pelayanan dan kinerjanya.

"Semua yang dibangun ini saya yakin akan banyak manfaat untuk anggota, termasuk masjid. Terimakasih kepada bapak Kapolda dan semua pihak yang telah membantu. Lebih semangat lebih giat lagi dalam rangka memberikan pelayanan," pesan Tito saat meresmikan di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (28/8/2018).

Empat gedung yang diresmikan tersebut di antaranya Gedung Patuh (Proaktif, Amanah, Tegas, Unggul dan Humanis), Gedung Serba Guna Mahameru, Gedung Poliklinik/IGD dan Gedung Rawat Inap RS Bhayangkara Polda Jatim.

Pembangunan Gedung Patuh dan Mahameru sendiri menghabiskan dana sedikitnya Rp 8 miliar, sementara anggaran yang digunakan untuk membangun gedung IGD sebesar Rp 25 miliar dan gedung rawat inap Rp 20,5 miliar.


Dalam pembangunannya, anggaran untuk gedung-gedung tersebut tak hanya berasal dari internal Polri sendiri tetapi juga dari luar semisal dana hibah Pemerintah Daerah hingga CSR.

"Saya memberikan apresiasi, sumber anggaran banyak dari luar baik Pemda maupun dari Corporate Social Responsibilty," kata Tito.

Dalam sambutannya, Tito juga berterimakasih kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini karena sebagian besar dana pembangunan gedung-gedung ini berasal dari dana hibah Pemkot.

Resmikan Gedung di Mapolda Jatim, Ini Harapan KapolriFoto: Hilda Meilisa Rinanda

"Ini juga kita lihat konsepnya atas nama Polri dan jajaran Polri. Kita mengucapkan terima kasih kepada Ibu Risma karena ini semuanya sebagian besar karena dari hibah yang sebagian besar dari pembangunan frontage road yang akhirnya bisa menjadi gedung ini," terang Tito.

Di Jatim, Tito juga menyebut jika sejumlah pembangunan yang dilakukan di lingkungan Polda Jatim tidak pernah merepotkan Polri.

"Di Jawa Timur ini semua pembangunan yang dibangun oleh Pak Mahfud tidak melibatkan Mabes Polri. Satu-satunya (Polda) yang tidak melibatkan Mabes Polri ya di sini dan bukan hanya satu tapi ada beberapa gedung yang dibuat," ungkapnya.


Tito pun memuji kinerja Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin yang memiliki komitmen tinggi dalam melakukan pembangunan, meski baru bertugas di Jatim pada bulan Desember 2016.

"Kapolda ini masuk Desember 2016 dan bulan depan sudah purna tugas, tapi yang ada membuat saya kagum dengan bapak Kapolda Pak Machfud Arifin ini. Yang pertama adalah komitmennya untuk membangun luar biasa. Keinginannya untuk membangun setiap bertugas ke mana pun juga ada saja yang dibangun," lanjut Tito.

Terkait Machfud yang akan pensiun dari posisinya sebagai Kapolda Jatim bulan depan, Tito berpesan kepada Kapolda Jatim yang baru untuk bisa menjaga semua peninggalan Machfud.

"Ini tantangan buat Kapolda berikutnya ini berat dengan semua legacy, warisan yang dijaga ini kalau di Jawa Timur," pesannya.

Selepas Machfud pensiun, posisi Kapolda Jatim akan diduduki oleh Irjen Pol Luki Hermawan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed