detikNews
Senin 27 Agustus 2018, 15:27 WIB

Berkas Kasus Mi Palsu di Mojokerto Tak Kunjung P21

Enggran Eko Budianto - detikNews
Berkas Kasus Mi Palsu di Mojokerto Tak Kunjung P21 Foto: Enggran Eko Budianto/File
Mojokerto - Berkas penyidikan perkara mi palsu telah dilimpahkan penyidik ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Mojokerto. Namun, hingga kini berkas perkara tersebut belum dinyatakan lengkap (P21).

"Berkasnya sudah kami kirim, coba nanti dicek ke kejaksaan. Belum P21," kata Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Muhammad Solikhin Fery kepada detikcom di kantornya, Senin (27/8/2018).

Perkara mi palsu ini menjerat Susanto (38), warga Desa Watesnegoro, Ngoro, Mojokerto, akhir Juni 2018. Di pabrik miliknya yang ada di Desa Kembangsri, Ngoro, tersangka mengemas ulang mie kedaluwarsa berbagai merk untuk dijual ke pasar.

Kapasitas produksi industri milik Susanto, warga Desa Watesnegoro, Ngoro, ini tergolong cukup besar. Setiap pekannya, industri dengan nama UD Barokah ini menghasilkan 8 ton mi instan palsu.

Produk mi instan palsu ini diberi label super mi instan cap Bunga Trompet. Peredarannya meliputi pasar-pasar tradisional di Mojokerto.


Susanto sudah setahun menjalankan bisnis haram ini di Mojokerto. Dia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Sementara 4 karyawannya sebatas sebagai saksi.

Setiap bulannya, tersangka menghasilkan 20-30 ton mi instan palsu. Keuntungan yang diraup tersangka mencapai Rp 20-30 juta.

Fery memastikan, sejauh ini baru Susanto yang menjadi tersangka. Pihaknya mengembangkan penyelidikan ke para distributor yang memasok bahan baku mi kedaluwarsa ke tersangka.

Pemasok mi tersebut disinyalir berasal dari Bekasi dan Pasuruan. Sementara mi kedaluwarsa diambil dari kawasan Tangerang, Banten.

"Untuk pengembangan (ke pemasok mi kedaluwarsa) masih kami perdalam. Karena informasinya masih simpang siur, termasuk yang di luar kota pastinya pemasoknya siapa masih kami perdalam," terangnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com