Terbakarnya Pasar Pon Trenggalek Sisakan Tanda Tanya Bagi Pedagang

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 25 Agu 2018 10:43 WIB
Pasar Pon terbakar (Foto: istimewa)
Trenggalek - Terbakarnya Pasar Pon Trenggalek menimbulkan sejumlah tanda tanya, mengingat pasar kota itu rencananya akan dibangun total pada awal 2019 mendatang. Sedangkan tahun ini para pedagang akan direlokasi ke tempat penampungan sementara.

Sekretaris Paguyuban Pasar Pon, Muhajirin, mengatakan rencana pembangunan pasar tersebut telah disosialisasikan kepada seluruh pedagang. Bahkan pemkab juga telah menggelar beberapa kali pertemuan dengan pedagang untuk membahas relokasi sementara.

"Dari pertemuan itu disampaikan bahwa pasar ini akan dibangun dengan anggaran Rp 35 miliar. Pelaksanannya tahun depan. Tapi tahun ini seharusnya para pedagang sudah direlokasi ke terminal MPU dan bekas Kantor Dispendukcapil, tapi kedahuluan terbakar," kata Muhajirin kepada detikcom, Sabtu (25/8/2018).


Selama proses sosialisasi dan negosiasi, tidak pernah ada gesekan maupun aksi penolakan, bahkan para pedagang mengaku siap untuk direlokasi kapan saja.

Pihaknya enggan berspekulasi terkait penyebab kebakaran. Namun para pedagang berharap pemerintah segera menyiapkan tempat relokasi secepatnya, megingat saat ini seluruh lokasi berjualan telah ludes dilalap api.


"Ini adalah mata pencaharian kami, kami juga punya anak istri dan ini adalah sumber penghidupan kami, kami mohon secepetnya disiapkan tempat reloksinya," jelas Muhajirin.

Pedagang arloji ini menambahkan, proses penyediaan lokasi penampungan sementara sebetulnya telah disosialisasikan sejak lama, namun hingga kini lokasinya sama sekali belum siap. Bahkan gedung bekas kantor Dispendukcapil juga masih belum digusur. (iwd/iwd)