DetikNews
Jumat 24 Agustus 2018, 10:58 WIB

Gelar Startup Nation Summit Bersama detikcom, Ini Keinginan Risma

Zaenal Effendi - detikNews
Gelar Startup Nation Summit Bersama detikcom, Ini Keinginan Risma Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Kota Surabaya ingin membuktikan dirinya sebagai kota ekonomi kreatif digital. Untuk itu, beragam kegiatan internasional digelar pada November mendatang. Salah satunya bekerjasama dengan detikcom.

Dalam gelaran bertajuk Startup Nation Summit bersama detikcom, Pemkot Surabaya ditunjuk sebagai official patner. Acara ini sedianya akan digelar pada tanggal 16-17 November 2018 mendatang.

Menariknya, setelah Startup Nation Summit bersama detikcom, Pemkot Surabaya juga menggelar BeKraf Festival pada tanggal 14-17 November 2018; Inno Creativitation pada tanggal 14-15 November 2018; Kamadjaja Logistics Hackathon Day pada tanggal 10-11 November 2018 dan Mlaku-mlaku nang Tunjungan pada tanggal 18 November 2018.

Wali Kota Tri Rismaharini mengaku sengaja membuat agenda hampir bersamaan untuk membuat syok sekaligus mengajak masyarakat dan generasi muda agar lebih kreatif serta mampu berkompetisi dengan negara lain dalam bidang ekonomi kreatif.


"Kami ingin Surabaya memulai bahwa kita sudah memasuki era baru di mana entrepreneurship dan startup kita bangunkan semuanya. Makanya saya minta barengan supaya membuat shock segala lapisan masyarakat di mana memulai bisnis itu dimulai dengan cara yang berbeda," kata Risma dalam jumpa pers di Balai Kota Surabaya, Jumat (24/8/2018).

Dari kelima event, Risma menilai Start Nation Summit akan menjadi yang paling besar karena dihadiri 170 negara di dunia. Event internasional itu akan mendiskusikan berbagai hal tentang pengembangan dan permasalahan dunia startup yang terus berkembang di dunia ini.

"Era ini akan menjadi semangat baru bagi seluruh insan, terutama untuk anak-anak muda di Surabaya untuk menggugah semangat entrepreneur muda di Surabaya. Menjadi entrepreneur adalah sebuah pilihan tepat. Sebab tantangan anak muda tahun 2040 adalah bagaimana bisa menciptakan sebuah lapangan kerja, bukan mencari pekerjaan," ungkapnya.

Ia juga berharap event berskala internasional itu dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pekerjaan.

"Saya berharap nanti anak-anak bisa belajar menciptakan pekerjaan sendiri dan tidak boleh bergantung kepada orang lain. Mari bersama-sama kita ubah dan dimulai dari sekarang," harapnya.

Presiden Global Entrepreneurship Network (GEN) Jonathan Ortmans yang juga hadir mengatakan even Startup Nation Summit bisa memuluskan misinya dengan menjadikan generasi muda sebagai enterpreneur.


"Startup Nation Summit ini misinya adalah untuk mendukung entrepreneur, dimanapun dan siapapun di belahan dunia ini. Hal ini juga untuk memahami kebutuhan mereka," terangnya.

"Startup Nations Summit ini akan mengundang para pemimpin di level kementerian untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan bagaimana cara membentuk entrepreneurship di daerahnya masing-masing. Berbagai solusi itu nantinya akan menjadi contoh bagi daerah lain yang diharapkan bisa membantu dan menyelesaikan semua permasalahan terkait kewirausahaan," beber Jonathan.

Ia juga menilai bahwa Kota Surabaya sudah melakukan hal-hal yang luar biasa untuk menggabungkan digital dalam mendukung entrepreneurship, termasuk yang dilakukan oleh Wali Kota Risma dalam menurunkan kemiskinan.

"Surabaya ini kota besar. Saya melihat Kota Surabaya bisa menjadi kota entrepreneur di masa depan. Makanya, dalam acara ini nanti akan banyak sekali delegasi dari berbagai negara yang akan melihat secara riil dan mengalami secara langsung dan nyata yang lebih dibanding dengan apa yang mereka lihat di Silicon Valey," pungkasnya.




Tonton juga 'Begini Upaya agar Pelaku Ekonomi Kreatif Indonesia Berkembang':

[Gambas:Video 20detik]


(ze/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed