detikNews
Kamis 23 Agustus 2018, 10:59 WIB

Ratusan Jemaah Islam Aboge Probolinggo Gelar Salat Id

M Rofiq - detikNews
Ratusan Jemaah Islam Aboge Probolinggo Gelar Salat Id Foto: M Rofiq
Probolinggo - Meski selisih sehari dengan pelaksanaan salat id yang ditentukan pemerintah, namun jemaah Islam Aboge di Probolinggo tetap khidmat melaksanakan salat Idul Idha 1439 Hijriah.

Hal itu dilihat dari aktivitas jemaah Aboge yang berada di Dusun Wuluhan, Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Kamis pagi (23/8/2018).

Tepat pukul 06.00 WIB, jemaah Aboge mulai memadati Masjid Al Barokah guna melaksanakan salat Id. Salat ini diperkirakan diikuti oleh 300-an jemaah.


Dalam penentuan hari raya Idul Adha, jemaah Aboge berpedoman pada kitab Mujarobah atau kitab Jawa Kuno. Kitab ini menyebutkan bahwa Idul Adha tahun ini adalah Sarpaji yang berarti bulan besar hari ke-papat atau empat.

Dengan kata lain, Idul Adha jatuh pada hari Kamis Kliwon atau hari ini, Kamis (23/8/2018).

"Jadi pasarannya siji atau satu, jadi hari raya Idul Adha 1439 hijriah jatuh pada Kamis Kliwon," ujar Kiai Bury Bariyah, salah satu tokoh Islam Aboge di Probolinggo kepada wartawan, Kamis (23/8/2018).

Ratusan Jemaah Islam Aboge Probolinggo Gelar Salat IdFoto: M Rofiq

Usai menggelar salat, para jemaah saling bermaaf-maafan yang dilanjutkan dengan tasyakuran makan tumpeng bersama di Masjid Al Barokah.

Kemudian jemaah Aboge melakukan penyembelihan hewan kurban seperti umat Islam pada umumnya. Tahun ini, jemaah Aboge di lingkungan Dusun Wuluhan, Desa Leces menyembelih satu ekor sapi.


Dikatakan Antok, salah seorang jemaah Aboge, perhitungan salat Id memang selalu berbeda dari mayoritas umat Islam pada umumnya.

"Ya memang selalu berbeda pak, dan itu sudah sejak nenek moyang dulu. Tapi jemaah Aboge dan warga sekitar tetap hidup rukun," terangnya.

Di Probolinggo sendiri, ada sekitar 7 desa di 4 kecamatan yang melaksanakan salat id hari ini. Di antaranya Leces, Dringu, Bantaran dan Kuripan.


Tonton juga video: 'Jemaah Aboge Laksanakan Salat Id Hari Ini'

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed