DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 17:37 WIB

Tradisi 'Toron', Gerbang Tol Suramadu Mulai Dipadati Pengendara

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Tradisi Toron, Gerbang Tol Suramadu Mulai Dipadati Pengendara Foto: Deni Prastyo Utomo
Surabaya - Ribuan kendaraan roda dua dan roda empat dari arah Surabaya mulai memadati Gerbang Tol Suramadu. Mereka berbondong-bondong mudik ke Pulau Madura atau yang lebih dikenal dengan tradisi Toron.

Sekitar pukul 16.00 WIB, gerbang tol untuk roda dua masih terpantau lancar. Namun pemandangan berbeda terlihat di lajur roda empat di mana terjadi kemacetan hingga sepanjang 2 km.

"Pagi tadi tidak seberapa ramai. Baru sore ini mulai ramai oleh kendaraan roda dua dan empat. Prediksinya mulai pukul 15.00 WIB tadi hingga nanti pukul 19.00 WIB," kata Kepala Gerbang Tol Suramadu, Mudjiono kepada detikcom, Selasa (21/8/2018).


Tradisi Toron, Gerbang Tol Suramadu Mulai Dipadati PengendaraFoto: Deni Prastyo Utomo

Mudjiono menyampaikan, hari ini jumlah kendaraan roda dua pada shift pertama atau mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB mencapai 21.145 kendaraan, sedangkan untuk roda empat sekitar 5.188 kendaraan.

"Dari data volume kendaraan pada shift pertama, ada kenaikan dibanding tahun lalu untuk roda dua sekitar 19.000 kendaraan dan roda empat sebanyak 4.817 kendaraan. Dengan begitu pada shift pertama ada kenaikan sekitar 7 persen," ujar Mudjiono.

Mudjiono menambahkan volume kendaraan, baik roda dua dan roda empat yang melintas di Gerbang Tol Suramadu akan terus bertambah pada shift dua nanti.

"Nanti akan meningkat lagi pada shift dua yang dimulai pukul 14.00 hingga pukul 21.00 WIB. Tahun lalu data kami menunjukkan roda dua sebanyak 36 ribu kendaraan dan roda empat 6 ribu kendaraan," ungkap Mudjiono.

Tradisi 'Toron', Gerbang Tol Suramadu Mulai Dipadati PengendaraFoto: Deni Prastyo Utomo


Untuk mengantisipasi kepadatan di Gerbang Tol Suramadu dari sisi Surabaya, pihaknya akan membuka 3 jalur untuk roda dua, yaitu di dua lajur utama dan satu lajur lewat bahu jalan.

Sedangkan untuk mengantisipasi antrian panjang pada kendaraan roda empat yang menggunakan e-Toll, pihak Jasa Marga akan menjemput bola dengan mendatangi para pengendara.

"Untuk roda empat kita antisipasi dengan menggunakan alat mobile reader. Jadi nanti petugas kami akan mendatangi pengguna jalan dan transaksi di tempat," tandasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed