detikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 15:39 WIB

Muncul Satu Lagi Semburan Gas Baru di Ngawi, Lokasi di Tengah Sawah

Sugeng Harianto - detikNews
Muncul Satu Lagi Semburan Gas Baru di Ngawi, Lokasi di Tengah Sawah Semburan gas di sumur milik Padi yang disulut mengeluarkan api (Foto: Sugeng Harianto)
Ngawi - Muncul satu semburan gas lagi di Ngawi. Jarak semburan baru ini tak jauh dari dua semburan gas lain yang lebih dulu menyembur. Itu berarti ada 4 semburan gas yang belum mati di Ngawi.

Semburan baru ini berlokasi di Dusun Ngepeh, Desa Bendo, Kecamatan Padas. Semburan ini menyembur dari sumur bor milik Padi (52), petani setempat.

"Temuan terbaru ini di sumur pak Padi. Lokasi sumur pak Padi ini di tengah sawah dan sudah dua bulan tidak bisa keluar air," jelas Kepala Dusun Ngepeh Desa Bendo, Kecamatan Padas Suharwito kepada detikcom, Selasa (21/8/2018).

Jarak sumur bor milik Padi hanya sekitar 50 meter dari sumur milik Sadikan yang berada di sebelah sisi timur. Dan berjarak sekitar 500 meter dari sumur milik Sukinem yang berada di sisi utara. Baik sumur Sadikan dan Sukinem sama-sama menyemburkan gas

"Lokasi temuan baru sumur yang keluarkan gas ini sepertinya berada di tengah-tengah antara sawah pak Sadikan dan bu Sukinem. Seperti ada aliran gas bawah tanah yang sama sumbernya," kata Suharwito.


Lokasi semburan gas ini tak jauh dari 2 semburan yang lainLokasi semburan gas ini tak jauh dari 2 semburan yang lain Foto: Sugeng Harianto


Karmi, isti Padi mengatakan sejak dua bulan terakhir sumur bornya memang tak mengeluarkan air. Namun pada Jumat (17/8), sumur bornya yang berkedalaman sekitar 30 meter itu mengeluarkan suara seperti gelembung.

Lantas suaminya berinisiatif menyambung pipa paralon yang ada di dalam sumur dengan pipa besi. Saat disulut, tercetuslah api dan disulut api. Api itu hingga saat ini belum padam.

"Kalau sumur bornya ini sudah dua bulan tak keluarkan air meski disedot dengan mesin. Kemarin suami saya iseng pipanya paralon disambung besi dan disulut, menyala api," kata Karmi.

Pantauan detikcom, sumur bor milik Ny Padi yang berkedalaman 30 meter ini menggunakan pipa paralon 1,5 inci. Pipa tersebut tertanam di dalam lubang sumur besar. Sumur itu berdiameter sekitar satu meter dengan kedalaman lima meter. Lubang sumur besar itu bertujuan agar bisa mendapatkan sumber air lebih mudah. Sumur itu biasanya digunakan untuk mengairi 5 ribu meter persegi luas sawah Padi.

Dengan adanya semburan gas baru ini berarti ada empat semburan gas di Ngawi. Semburan gas itu menyembur di sumur milik Muhajir di Dusun Karasan, Desa Waruk Tengah, Kecamatan Pangkur. Dua semburan lain terjadi di sumur milik Sadikan dan Sukinem yang sama-sama ada di Dusun Ngepeh Desa Bendo, Kecamatan Padas.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com