detikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 11:10 WIB

Jemaah Badan Wakaf Alquran di Gresik Juga Gelar Salat Id Hari Ini

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Jemaah Badan Wakaf Alquran di Gresik Juga Gelar Salat Id Hari Ini Foto: Imam Wahyudiyanta
Gresik - Jemaah Badan Wakaf Alquran di Gresik melaksanakan salat Idul Adha hari ini. Ratusan jemaah memenuhi sebuah tanah lapang di Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) untuk pelaksanaan salat.

Orang tua hingga anak-anak secara bersama-sama mengumandangkan takbir sebelum salat Id dimulai, sembari menunggu jemaah lain datang. Pukul 06.00 WIB, salat dimulai dengan imam Ustaz Mukhtar Ghozali.

Salat berjalan khusyuk. Usai salat id, jemaah diguyur ceramah oleh KH Faiq Furqon. Jemaah Badan Wakaf Alquran memang melaksanakan salat Idul Adha lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah. Mereka mempunyai acuan sendiri.


"Sebagaimana kita ketahui pemerintah Arab Saudi kemarin hari Senin wukuf di Arafah. Maka dari itu kami kemudian melaksanakan salat Id hari ini," ujar M Husein, panitia penyelenggara kepada wartawan, Selasa (21/8/2018).

Husein mengatakan jemaah Badan Wakaf Alquran tidak selalu berbeda dengan pemerintah. Terkadang salat Id juga digelar sama dengan ketetapan pemerintah. Namun acuannya tetap pelaksanaan wukuf di Arafah.

"Kalau keputusan pemerintah sama dengan hari kami salat Id, ya sama. Tapi kunci kami adalah keputusan pemerintah Arab Saudi tentang wukuf di Arafah," tandas Husein.
(iwd/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed