detikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 10:53 WIB

Rumah Sakit Milik Pemerintah di Jember Gelar Salat Id

Yakub Mulyono - detikNews
Rumah Sakit Milik Pemerintah di Jember Gelar Salat Id Foto: WhatsApp
Jember - Karyawan RSD dr Soebandi Jember melaksanakan salat Idul Adha hari ini. Namun penyembelihan hewan kurban digelar, Rabu (22/8/2018) esok.

"Salatnya memang pagi tadi, tapi untuk penyembelihan hewan kurban dilakukan besok. Tadi usai salat, karyawan beraktivitas seperti biasa karena hari liburnya juga masih besok," kata Kepala Instalasi Bina Rohani RSD dr Soebandi Jember, Imam Sanusi kepada wartawan, Selasa (21/8/2018).

Ia menjelaskan, keputusan untuk melaksanakan salat Idul Adha hari ini didasarkan pada aktivitas jemaah haji yang ada di Arafah. Selain itu, puasa Arafah juga sudah dilaksanakan kemarin.


"Karena kemarin kita sudah puasa Arafah, maka hari ini kita melaksanakan salat Idul Adha," jelas Imam.

Kebijakan ini memang terlepas dari status RSD dr Soebandi sebagai rumah sakit milik pemerintah. Sebab soal ibadah bergantung pada keyakinan masing-masing.

"Masalah peribadatan, kita ini dilindungi undang-undang, karena ini berkaitan dengan keyakinan," ujarnya.


Pihaknya juga tidak memaksa karyawan untuk melaksanakan salat Idul Adha hari ini atau besok. "Yang ikut hari ini tidak apa-apa, yang tidak ikut juga nggak apa-apa. Yang jelas kita dari RSD dr Soebandi melaksanakannya hari ini," tambahnya.

Meski tidak sama dengan ketetapan pemerintah, Imam mengatakan salat Idul Adha yang digelar di halaman parkir RSD dr. Sobandi diikuti banyak jemaah. Bukan hanya dari internal rumah sakit, tetapi juga diikuti warga sekitar.

"Banyak yang ikut, karyawan dan keluarga pasien. Juga ada dari warga sekitar. Ada dari NU dan Muhammadiyah. Bahkan khatibnya dari Muhammadiyah (Kecamatan) Patrang," tutup Imam.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed