detikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 10:29 WIB

Berpatok Wukuf di Arafah, Salat Id DII di Blitar Digelar Hari Ini

Erliana Riady - detikNews
Berpatok Wukuf di Arafah, Salat Id DII di Blitar Digelar Hari Ini Salat Id di Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar - Sekitar 200 jemaah Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) di Blitar menggelar salat Idul Adha pagi ini. Pelaksanaan salat mengikuti wukuf di Arofah Arab Saudi.

Salat dilaksanakan tepat pukul 06.00 wib di lapangan SMAN 1 Jalan Kalimantan Kota Blitar. Salat dipimpin Imam Ustad Khasirin dari Madura dengan khatib Ustad Azizi Fathoni dari Malang.

Takmir masjid Ar Rohmah Jalan Ahmad Yani Kota Blitar Muhammad Dzajuli membenarkan pihaknya menggelar salat Idul Adha lebih dulu, dari waktu yang ditentukan pemerintah.

"Dalam maklumat ini disampaikan, jika beda waktu antara Indonesia Mekkah tidak signifikan untuk dijadikan obyek perbedaan. Karena hari Arafah masih siang dan malam yang sama," jelas Dzajuli usai salat id, Selasa (21/8/2018).

Maklumat DDII tertanggal 14 Agustus 2018 dan berdasarkan hasil kajian dan ketetapan Majelis Fatwa DDII tahun 2006, ada 7 keputusan.


Pada nomor 7 tertulis: Merujuk pada Mahkamah Ulya KSA melalui Keputusan bernomor (111/H) tertanggal (29/11/1439) tentang penetapan awal Dzulhijjah 1439 H. Hari wukufnya jatuh pada Senin (20/8/2018) maka dengan ini dipermaklumkan:

A. Shaum hari Arafah Idul Adha jatuh hari Senin (21/8/2018).
B. Pelaksanaan salat Idul Adha Da'wah Islamiyah Indonesia hari Selasa (21/8/2018).

Dalam dakwah salat kali ini, ceramah yang disampaikan mengandung pesan seperti yang tertulis di maklumat DDII. Yakni kepada seluruh umat Islam diserukan untuk saling menjaga kesatuan dan persatuan. Saling menghargai dan mengayomi. Memperbanyak amal soleh dengan berkurban, infaq sedekah, bersilaturahmi. Dan meninggikan Asma Allah Jalla Jalaluh.

Selain di Kota Blitar, informasi yang dihimpun detikcom, pelaksanaan salat Idul Adha hari ini juga terpantau di wilayah Kabupaten Blitar. Puluhan jemaah Masjid Al Muhajirin di Lodoyo Kecamatan Sutojayan, juga melaksanakan salat Idul Adha di masjid desa pagi tadi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed