DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 16:59 WIB

Warga Banyuwangi Diminta Cerdas Pilih Informasi, Jangan Percaya Hoaks

Ardian Fanani - detikNews
Warga Banyuwangi Diminta Cerdas Pilih Informasi, Jangan Percaya Hoaks Foto: istimewa
Banyuwangi - Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko berharap agar warga Banyuwangi pandai memilah informasi yang diterima. Yusuf meminta agar warga tidak mudah percaya dengan berita-berita bohong atau hoaks.

Hal tersebut dilontarkan Wabup membuka simposium kebangsaan yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Banyuwangi di gedung Korpri, Senin (20/8/2018).

Yusuf mengatakan di era digitalisasi seperti saat ini, penyebaran berita-berita bohong atau hoaks semakin sulit terbendung. Tidak hanya di negara-negara maju, tapi juga menjangkiti negara berkembang seperti Indonesia, termasuk Banyuwangi. Hal tersebut, menurut Wabup Yusuf, sangat memprihatinkan.


Oleh karena itu, pihaknya meminta agar warga Banyuwangi lebih berhati-hati dan tidak mudah terpengaruh berita hoaks. Apalagi, Indonesia akan menghadapi tahun politik pada 2019 nanti.

"Kita harus pastikan pelaksanaan pilpres dan pemilihan legislatif di Banyuwangi bebas dari hoaks. Warga harus berpikir jernih, jangan sampai kita salah pilihan akibat hasutan dari sebuah berita bohong, ini sangat berbahaya. Dengan akal yang jernih, kita semua berharap agar pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang betul-betul dikehendaki masyarakat Indonesia," kata Yusuf.


Simposium kebangsaan diikuti puluhan peserta. Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) JPKP Jawa Timur Bambang Kisworo, Ketua DPD JPKP Banyuwangi Johan Okada, perwakilan dari Polres Banyuwangi serta jajaran JPKP Banyuwangi.

Sementara itu, Bambang mengatakan bahwa JPKP siap bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah untuk mendukung program-program pemerintah daerah setempat. "JPKP akan menjadi mitra kerja masyarakat dan pemerintah. Jika ada program yang perlu disampaikan ke warga, jangan sungkan untuk diteruskan ke anggota kami," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed