DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 22:53 WIB

Polisi Selidiki Penggunaan Cadar dan 'Senjata' di Karnaval HUT RI

M Rofiq - detikNews
Polisi Selidiki Penggunaan Cadar dan Senjata di Karnaval HUT RI Foto: M Rofiq (File detikcom)
Probolinggo - Warganet dihebohkan dengan foto peserta karnaval berpakaian dan cadar hitam. Selain itu, peserta yang masih duduk di bangku TK itu juga terlihat menenteng replika senjata. Yang sangat disayangkan, TK tersebut merupakan binaan Kodim 0820 Probolinggo.

Karnaval dalam rangka HUT ke 73 RI ini digelar Dinas Pendidikan Kota Probolinggo, Sabtu (18/8/2018).

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal kepada wartawan mengatakan, akan memanggil panitia yang terlibat dari TK Kartika V-69 untuk dilakukan pemeriksaan intensif. Apa dalam berpakaian yang menghebohkan warga itu ada unsur kesengajaan atau tidak?


"Kita akan terus melakukan pemeriksaan dan penyelidikan atas kasus ini, jika terbukti bersalah kita akan lakukan upaya sesuai undang - undang yang ada," tegas Alfian saat jumpa pers di halaman Mapolresta Probolinggo.

Rahmad, salah satu warga Kota Probolinggo, sangat menyayangkan apa yang dilakukan pihak TK Kartika V-69, karena menampilkan anak didiknya dengan busana hitam dan bercadar serta membawa replika senjata.


"Sangat keliru dan gagal modis, masak menceritakan pasukan Rosulullah menenteng senjata, bukan pedang," ujar Rahmad saat berbincang dengan detikcom.

Sementara, Kepala Sekolah TK Kartika V-69 Hartatik, menjelaskan, tidak ada maksud tertentu dengan pengunaan baju dan cadar hitam. Penggunaan seragam itu dimaksudkan untuk mengurangi beban pengeluaran orangtua murid. Karena seragam tersebut merupakan seragam lama yang telah lama dimiliki sekolah.

"Kostum itu kita pilih, karena memanfaatkan properti yang ada di sekolah, sehingga tidak perlu menyewa kostum, serta Ppemilihan tema tersebut secara spontanitas, tidak ada tujuan yang mengarah kepada tindakan yang melanggar hukum," jelasnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed