DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 18:42 WIB

Peringati HUT RI, Pelajar di Banyuwangi Diberi Beasiswa

Ardian Fanani - detikNews
Peringati HUT RI, Pelajar di Banyuwangi Diberi Beasiswa Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Peringatan HUT ke 73 RI ternyata membawa berkah bagi 178 pelajar di wilayah Kecamatan Pesanggaran. Para siswa siswi dari SD, SMP, SMA dan mahasiswa mendapatkan beasiswa dari operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Pesanggaran Banyuwangi.

PT Bumi Suksesindo (BSI), operator tambang emas Gunung Tumpangpitu sangat peduli dengan pendidikan masyarakat sekitar tambang. Sejak tahun 2014, beasiswa perusahaan ini menggelontorkan anggaran beasiswa kepada anak-anak penerus bangsa.

Manager Goverment Relation Yunizar Imamsyah menjelaskan, pelajar yang dapat biaya siswa ada 178 orang. Rinciannya, SD 70 siswa, 50 siswa SMP dan 35 siswa SMA. Sementara untuk mahasiswa ada 15 orang dan santri 8 orang. Tiap tahun jumlah penerima terus meningkat. Sejak tahun 2014 tercatat ada sekitar 339 penerima.

"Sengaja kita berikan beasiswa kepada masyarakat sekitar. Ini sebagai bentuk kepedulian kamu dalam memberikan kesempatan pendidikan," ujar Yunizar Imamsyah usai memberikan beasiswa di gedung serba guna Kantor Desa Pesanggaran, Sabtu (18/8/2018).

Untuk tingkat SD-SMA beasiswa diberikan sekali dalam setahun. Sementara yang perguruan tinggi diberikan tiap semester. Batasannya sampai penerima duduk di tingkat empat atau semester 8.

Aulia Nurahma (16), salah satu pelajar yang menerima beasiswa dari SMAN Pesanggaran ini mengaku seneng memperoleh beasiswa dari PT BSI. Anugerah ini sebagai motivasi bagi dirinya untuk belajar lebih giat.

"Sudah dapat sejak semester kemarin senilai Rp 1,6 juta. Dapatnya satu tahun sekali," kisahnya, usai pembagian.

Sebagai penerima Aulia mengaku nilainya tak boleh naik turun apalagi buruk. Karena bisa saja beasiswa yang diterima bakal dievaluasi oleh BSI.

Ika Nurani (22), lulusan Universitas Negeri Malang jurusan pendidikan luar biasa punya cerita lain. Ia merupakan penerima beasiswa yang digulirkan perusahaan tambang mineral sejak awal sampai lulus kuliah. Saat ini dirinya sedang magang di perusahaan yang membiayai pendidikan tingginya ini.

"Dapat sejak tahun 2014 dengan besaran persemester Rp 5,5 juta. Semoga ilmu yang saya dapat bisa diterapkan bagi kalangan disabilitas di Banyuwangi," harapnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed