DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 14:42 WIB

Hutan di Gunung Panderman Terbakar, 100 Pendaki Dievakuasi

Muhammad Aminudin - detikNews
Hutan di Gunung Panderman Terbakar, 100 Pendaki Dievakuasi Foto: Istimewa
Kota Batu - Kebakaran hutan terjadi di Gunung Panderman, Kota Batu. Api membakar kawasan hutan yang berada di lereng gunung setinggi 2.045 mdpl itu. Tercatat kawasan yang terbakar sudah mencapai 4 hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Sasmito mengatakan, kebakaran secara visual diketahui sejak, Jumat malam. BPBD dibantu Relawan, warga, dan Perhutani langsung bergerak untuk mencegah api, agar tak meluas.

"Saat ini api masih belum bisa dikendalikan. Area yang terbakar diperkirakan sudah mencapai 4 hektare," ungkap Sasmito dikonfirmasi detikcom, Sabtu (18/8/2018).


Sesuai dengan identifikasi, kawasan yang terbakar berada di latar ombo.Titik yang biasanya menjadi lokasi istirahat para pendaki. "Atau semacam rest area, berada di latar ombo. Masih jauh dari puncak," bebernya.

Dia mengaku, ada sekitar 100 pendaki yang berada di Gunung Panderman saat kebakaran melanda wilayah latar ombo. Kini, upaya evakuasi tengah dilakukan, dan imbauan agar pendaki turun sudah dilakukan sejak pagi tadi.

"Ada seratusan pendaki, kita sudah meminta mereka turun. Proses evakuasi dilakukan dibantu relawan, warga dan Perhutani," terangnya.

Kembali pada upaya pemadaman, Sasmito mengaku hanya bisa dilakukan secara manual. Karenanya, tidak begitu bisa cepat untuk menjinakkan api.


"Lokasinya cukup terjal. Membahayakan. Kami hanya bisa secara manual saja. Dan tentunya mengedepankan keamanan dari personel," ungkapnya.

Pihaknya menimbau agar masyarakatan ataupun pendaki mengedepankan keamanan dengan kondisi Gunung Panderman saat ini.

Sasmito bahkan menyebut, lokasi yang terbakar bisa dikatakan menjadi langganan kebakaran. Ada dugaan sumber api disebabkan dari perilaku buruk orang yang berada di lokasi. "Ini hanya dugaan saja. Sumber api karena perilaku buruk. Semoga saja api bisa segera dipadamkam," tegasnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed