DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 12:11 WIB

Perusak Makam di Malang, Kades: Dugaan Kita Orang Gila

Muhammad Aminudin - detikNews
Perusak Makam di Malang, Kades: Dugaan Kita Orang Gila Foto: Istimewa
Malang - Pelaku pengrusakan puluhan makam di TPU Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang masih misteri. Bukan hanya polisi, perangkat desa setempat juga berupaya menyelidiki siapa orang di balik insiden ini.

Kepala Desa Pait, Sunarto mengaku pihaknya tengah ikut menyelidiki siapa yang merusak makam-makam tersebut. Warga pun menduga pelakunya adalah orang dengan gangguan jiwa.

"Kok sepertinya pelaku orang gila, karena hal tak biasa dilakukan orang pada umumnya. Itu dugaan kita sementara ini," terang Sunarto saat berbincang dengan detikcom, Kamis (16/8/2018).


Sunarto menambahkan, tak ada satupun warga yang mengetahui aksi pengrusakan tersebut. Pertama, lokasi makam jauh dari pemukiman penduduk. Kedua, Desa Pait selama ini jauh dari konflik antarwarga.

"Awalnya sempat diduga ini ada motif dendam. Tetapi yang menjadi sasaran pengrusakan ternyata semua, artinya tidak hanya satu atau dua keluarga yang memiliki kerabat yang dimakamkan disitu," beber Sunarto.


Selain itu, TPU yang terletak di Dusun Bonjagong itu tidak dijaga oleh juru kunci. "Tidak ada juru kuncinya, jadi saat ada pengrusakan tak seorang pun tahu," imbuhnya.

Meski demikian, pasca insiden tersebut, situasi di desanya tetap kondusif. Namun ia mewakili warganya berharap pelaku segera terungkap.

"Kalau kesal iya, karena itu semoga pelaku segera bisa terungkap," harapnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed