DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 09:18 WIB

Bertemu Khofifah, Istri Munir Bahas Pembangunan Museum HAM

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Bertemu Khofifah, Istri Munir Bahas Pembangunan Museum HAM Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Istri pejuang HAM Munir Said Thalib, Suciwati, berkunjung ke kediaman Gubernur Jatim Terpilih Khofifah Indar Parawansa. Dalam kunjungannya, Suciwati membahas pembangunan Museum HAM Omah Munir di Batu, Malang.

"Yang pasti kita mau bilang bahwa kita sedang mendorong untuk membuat museum HAM Omah Munir menjadi milik negara. Dalam arti ini bisa Pemprov atau Pemkot Batu, karena pihak kota Batu sudah memberikan lahan untuk membangun museum itu, mereka mau pinjamkan tanah sebesar 2000 meter lebih," kata Suciwati saat ditemui detikcom di kediaman Khofifah, Surabaya, Selasa (14/8/2018).

Sebelumnya, Suci mengaku ingin bekerjasama dengan pemerintah pusat. Namun lantaran sebentar lagi Pilpres, maka ia memilih untuk meminta bantuan pemerintah provinsi.

"Ini harus antarinstitusi dan antarpemerintah dari Pemkot dan Pemprov. Sebetulnya kita kemarin berharapnya ke pusat tapi lebih birokratis, saya mikirnya ayo deh yang cepat yang manakah kita nggak tahu Presiden selanjutnya siapa," terangnya.


Dari pembicaraan dengan Khofifah, Suci mengaku melihat semangat mantan menteri sosial ini untuk membangun Museum HAM Omah Munir. Bahkan Khofifah langsung menghubungi Dinas Pariwisata Jatim dan meminta instansi ini untuk berdialog langsung dengan Suciwati di kediamannya.

"Kita berharap Pemprov bisa membantu, karena ini kan penting sebagai museum yang mewakili penegakan HAM supaya ada di Indonesia. Karena selama ini negara kita terpuruk dalam hal penegakan HAM," imbuh Suci.

Nantinya Suci ingin museum tersebut menjadi jujugan bagi anak-anak SMP, SMA dan mahasiswa untuk menjadi ruang diskusi dan belajar tentang HAM sekaligus menjadi ruang pengenalan pejuang HAM. Bukan hanya Munir, tetapi juga Marsinah, Baharudin Loba, Gus Dur, dan sejumlah tokoh lain.

"Jadi ada nanti tempat teater. Teman-teman yang datang akan bisa melihat bersama film-film bertema HAM. Kita juga punya modul yang kita bikin untuk dapat disamakan dengan guru-guru PKN SMP," ujarnya.

Suci menyebut museum ini akan dibangun di Kota Batu, tepatnya di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu . Lokasinya hanya berjarak satu kilometer dari Alun-Alun Batu.


Ditemui di kesempatan yang sama Khofifah mengatakan siap memfasilitasi pembangunan Museum HAM Omah Munir. Menurutnya museum ini penting untuk dijadikan wisata edukasi dan sarana pengenalan HAM.

"Tidak hanya upaya mengenalkan ya, saya rasa juga mengenalkan bagaimana upaya melindungi HAm. Ini akan jadi proses usaha melindungi peradaban bangsa," tandas Khofifah.

Khofifah mengungkapkan proses pembangunan museum ini akan lebih mudah karena sudah mendapat lahan pinjam pakai dari Pemkot Batu. Tinggal menunggu MoU antara Pemkot Batu dan Pemprov terkait pembangunannya.

"Info yang saya dapat, mereka juga banyak yang menjanjikan akan memberikan support kalau memang sudah dibangun. Rasanya hibah pemprov juga bisa yang penting lahan sudah ada, jadi tinggal MoU," pungkas Khofifah.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed