Baru Satu Jam, Dishub Jatim Tilang 40 Kendaraan Overload

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 14 Agu 2018 11:59 WIB
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Baru satu jam dilakukan operasi, 40 kendaraan ditilang Dishub dan LLAJ Jatim. Penyebabnya puluhan kendaraan tersebut 'overload' dan dianggap membahayakan pengguna jalan lain.

Operasi yang digelar di Jalan Trunojoyo, Ponorogo, ini menyasar kendaraan angkut yang melebihi kapasitas kendaraan atau overload. Sekitar pukul 08.00 WIB, petugas Dishub dan LLAJ Jatim mencegat sejumlah kendaraan angkut barang.

"Kendaraan yang ditilang didominasi truk karena membawa muatan yang melebihi kapasitas," tutur Kasi Pengendalian dan Operasional Dishub dan LLAJ Jatim Rahmad Sugriwo, Selasa (14/8/2018).

Rahmad menambahkan kendaraan angkut yang ditilang merupakan kendaraan angkut curah atau galian C. Dalam operasi ini, petugas juga memeriksa kondisi bodi kendaraaan. Jika ada yang menambah dimensi panjang, langsung ditilang.

"Selain itu, kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK serta buku uji KIR juga diperiksa," terang dia.

Menurutnya, truk yang overload bisa menjadi pemicu utama jalan raya rusak. Karena beban dan dimensi yang melebihi kapasitas juga bisa membahayakan pengguna jalan lain.

"Kalau dibiarkan bisa membawa dampak kecelakaan karena suspensi rem tidak sesuai dengan yang ada," tandas dia.

Operasi ini, lanjut Rahmad, masuk dalam tipe B. Sehingga kendaraan yang ditilang langsung diambil surat-suratnya. Sesuai aturan yang berlaku UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Pun sesuai dengan PP No 74 Tahun 2014 tentang angkutan jalan.

"Kami bakal menindak tegas setiap pelanggar, tidak ada istilah anak emas. Kami tertibkan semua yang melanggar," pungkasnya. (fat/fat)