detikNews
Minggu 12 Agustus 2018, 15:00 WIB

Mau Makan Kerupuk Dilumuri Cokelat, di Sini Tempatnya

Erliana Riady - detikNews
Mau Makan Kerupuk Dilumuri Cokelat, di Sini Tempatnya Foto: Erliana Riady
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Blitar - Mau makan kerupuk dilumuri cokelat? Kerupuk dilumuri coklat ini hanya ada saat lomba Agustusan di Kampung Cokelat, Kademangan, Blitar.

Tak hanya makan kerupuk dilumuri cokelat, lomba unik lainnya yang digelar yakni gigit koin buah kakao balut coklat dan ngedot (Minum pakai botol bayi) cokelat dan makan cokelat dark 100%.

Lomba pertama dibuka dengan gigit koin. Bedanya, koin diselipkan di buah kakao yang dibaluri adonan coklat. Peserta yang terbanyak mengambil koin dari kakao, dialah pemenangnya.


Rizal asal Malang menang. Menurut Rizal, permainan ini unik asyik. Rizal mengaku terakhir ikut lomba Agustusan semacam ini saat masih duduk di TK.

"Ikut meramaikan. Asyik kalau di sini. Bukan arang tapi cokelat, jadi enak saja ambil koinnya. Bisa sambil ngemut cokelat," aku Rizal sambil tertawa lebar.

Minum cokelat dengan botol bayi/Minum cokelat dengan botol bayi/ Foto: Erliana Riady

Keseruan makin pecah saat lomba makan kerupuk cokelat. Pesertanya empat anak-anak. Jempol kaki kanan mereka diikat dengan senar. Sementara tali senar dikaitkan dengan kerupuk yang digantung.


Saat mau menggigit kerupuk, mereka harus mengangkat kaki kanan, agar posisi krupuk yang tergantung turun, tepat di mulut peserta. Susah! Butuh konsentrasi dan keseimbangan tingkat tinggi. Saat ini pulalah, gemuruh sorak sorai penonton menyemangati para peserta.

Antusias pengunjung sangat tinggi mengikuti permainan ini. Selain hadiahnya lumayan besar, aneka permainan ini dijamin hanya ada di Kampung Cokelat.

"Dengan cokelat kami ingin tunjukkan kalau Blitar itu penghasil kakao nomor tiga dunia. Semangat kemerdekaan, permainan ini semua bernuansa cokelat sebagai potensi Blitar yang semua harus tahu. Kampung Cokelat bikin bangga Indonesia," kata Direktur Operasional Kampung Cokelat, Akhsin Al Fata, Minggu (12/8/2018).

Permainan nuansa cokelat ini menjadi agenda rutin di tempat wisata ini. Para pengunjung tampak menikmati aneka permainan yang disajikan. Hadiah cokelat batangan menjadi kejutan yang menyenangkan. Karena taste kakao varietas klone, mempunyai cita rasa yang disukai dunia.
(fat/fat)
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com