detikNews
Minggu 12 Agustus 2018, 07:20 WIB

Lomba Pasang Bendera Ini Momen Memupuk Nasionalisme Anak

Muhajir Arifin - detikNews
Lomba Pasang Bendera Ini Momen Memupuk Nasionalisme Anak Lomba pasang bendera anak usia dini/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Beragam lomba Agustusan digelar peringati HUT ke-73 RI. Di Kota Pasuruan, warga Perumahan Tiara Candi III, Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, menggelar perlombaan pasang bendera merah putih khusus untuk anak usia dini.

Suasana perlombaan yang digelar Sabtu (11/8/2018) malam ini meriah. Puluhan anak usia sekolah dasar antusias mendaftarkan diri. Panitia membagi lomba dalam dua kategori yakni putra dan putri.

Dalam perlombaan ini setiap peserta beradu cepat memasukkan 5 bendera kecil dalam botol. Setiap anak harus lari bolak-balik sebanyak 5 dari tempat bendera menuju botol diletakkan yang berjarak 10 meter.

"Satu... dua... tiga...!" seru panitia melalui pengeras suara memberi aba-aba start.

Anak-anak pun berlari kencang membawa bendera kecil dari garis start menuju tempat botol. Kemudian mereka memasukkan stik bendera ke dalam botol. Setelah memastikan stik bendera masuk sempurna, mereka berlari lagi menuju garis start mengambil bendera.

Para orang tua yang anaknya terlibat perlombaan tak kalah antusias memberikan semangat. Sesekali tawa pecah saat melihat aksi lucu dan lugu khas anak-anak di tengah perlombaan.

"Ayo, ayo, semangat. Harus sportif. Belajar sportif sejak dini," seru panitia.

Sebagian peserta mampu menyelesaikan lomba dengan baik, meski banyak juga yang terlihat ngos-ngosan. Pemenang ditentukan siapa yang paling cepat memasukkan 5 bendera dalam botol.

Para pemenang di babak penyisihan diadu lagi di babak semi final hingga babak final.

"Kalah, Yah," ujar salah seorang peserta bernama Fayadh kepada ayahnya setelah kalah di babak semi final.

Eksan, ketua panitia lomba mengaku perlombaan anak-anak sengaja digelar sebagai sarana bersosialisasi anak. Selain itu perlombaan pasang bendera dalam botol sengaja digelar untuk memupuk rasa nasionalisme sejak dini.

"Selain menyemarakkan HUT RI, kami ingin anak-anak di sini bersosialisasi. Lomba ini juga kami harapkan bisa menanamkan rasa nasionalisme sejak dini," terang Eksan.

Selain perlombaan utama pasang bendera dalam botol, sejumlah perlombaan lain juga digelar. Perlombaan yang dimulai sejak Sabtu malam, baru rampung pada Minggu dini hari.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com