DetikNews
Kamis 09 Agustus 2018, 17:24 WIB

Khofifah Ajak Ibu-ibu di Jawa Timur Manfaatkan Ekonomi Digital

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Khofifah Ajak Ibu-ibu di Jawa Timur Manfaatkan Ekonomi Digital Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak para wanita memanfaatkan dengan maksimal era ekonomi digital. Jika tidak, Khofifah khawatir Indonesia justru akan jadi pasar bagi negara lain.

"Misalnya era ekonomi digital jika tidak kita maksimalkan dengan partnership dengan institusi-institusi yang membantu shopping online, saya khawatir kita justru akan menjadi pasar bagi produk-produk luar," ungkapnya saat bertemu dengan Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) di Hotel Grand Surabaya, Kamis (9/8/2018).

Menurut Khofifah, Indonesia memiliki kompetensi yang cukup baik sehingga bisa bersaing dengan produk internasional. Untuk itu, dia ingin memanfaatkan momentum ekonomi digital ini dengan menguatkan UMKM di Jatim.

"Padahal kita punya kompetensi yang cukup untuk bisa menyiapkan produk yang kompatibel dengan produk produk luar itu. Kita akan memanfaatkan era ekonomi digital dengan memberikan penguatan kepada pelaku pelaku UMKM di Jawa Timur," imbuhnya.

Tak hanya itu, dia mengatakan untuk memanfaatkan hal ini, yang paling penting dilakukan yakni meningkatkan kualitas produk.

"Untuk bisa memanfaatkan ekonomi digital dengan akses pasar seluas-luasnya untuk meningkatkan kualitas produk sebaik mungkin, sehingga semuanya kompetitif dengan produk-produk luar," tambah mantan menteri sosial ini.

Khofifah mengatakan kontribusi UMKM bagi perekonomian selama ini cukup tinggi. Namun dia menyarankan untuk terus meningkatkan hal-hal yang bersifat penguatan dan keutuhan.

"Hari ini sebetulnya UMKM di Jawa Timur sudah cukup tinggi kontribusinya terhadap PDRB tapi kan kita memang harus terus meningkatkan terutama penguatan dan keutuhan sebagai bagian dari pelaku UMKM," lanjutnya.

Penguatan ini tak lain dengan mengakses pasar luar dengan memanfaatkan ekonomi digital. Tak hanya itu, bagi ibu empat anak ini, membuka jaringan dengan berbagai institusi juga cukup penting untuk membantu pemasaran secara online.

"Sudah kuat, tapi Kita berharap bahwa mereka bisa mengakses pasar luar Jadi mereka bisa mengekspor produk produknya. Partnership dengan berbagai institusi yang membantu pemasaran secara online menjadi penting," katanya

Dalam hal ini, Khofifah berharap para wanita memahami betul pentingnya memasarkan produk secara online. Terlebih produk-produk yang telah layak ekspor bisa bertemu dengan pasarnya di luar negeri.

"Kita berharap tidak hanya bisa ditemukan di dalam katalog, tetapi juga bisa memasarkan supaya produk-produk yang layak ekspor itu betul-betul ketemu pangsa pasarnya di luar negeri. Dengan begitu ketika misalnya nilai tukar rupiah terkoreksi maka mereka justru akan mendapatkan penguatan benefit," harapnya.




Tonton juga 'Penuh Haru, Saat Khofifah Ucapkan Terima Kasih kepada Relawan':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed