DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 17:45 WIB

Untuk Korban Gempa Lombok, Risma: Kami akan Bangun Sekolah di Sana

Zaenal Effendi - detikNews
Untuk Korban Gempa Lombok, Risma: Kami akan Bangun Sekolah di Sana Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File
Surabaya - Wali Kota Tri Rismaharini menegaskan bantuan uang untuk korban Gempa Lombok yang dikumpulkan dari warga dan pegawai Pemkot Surabaya akan diwujudkan dalam bentuk pembangunan sekolah.

Hanya saja, masih dibutuhkan dana tambahan untuk merealisasikan keinginan tersebut.

Risma melaporkan, untuk saat ini, bantuan uang yang terkumpul telah mencapai angka Rp 617 juta. Sedangkan untuk pembangunan sekolah lengkap dengan fasilitasnya dibutuhkan dana sebesar Rp 880 juta.

"Kebutuhannya kurang lebih Rp 880 juta dan kami akan membangun satu sekolah di sana," kata Risma kepada detikcom di ruang kerjanya, Selasa (7/8/2018).


Risma mengaku ingin membangun sekolah di Lombok karena banyaknya bangunan sekolah yang luluh lantak akibat gempa berkekuatan 7.0 SR tersebut.

"Kita lagi kumpulkan uang, karena banyak sekolah yang rusak. Sedangkan Pak Presiden (Joko Widodo) mau bantu rumah untuk warga. Makanya bantuan ini kami wujudkan dengan membangun sekolah," ungkapnya.

Selain itu menurut Risma, sudah banyak pihak yang memberikan bantuan logistik maupun obat-obatan. Oleh karena itu, ia ingin bantuan uang dari warga Surabaya diwujudkan dalam bentuk lain.

"Biar anak-anak bisa sekolah lagi pasca gempa," tambah Risma.


Meski demikian, Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini menegaskan pihaknya belum mengirimkan tim relawan ke Lombok. Ia beralasan sudah banyak relawan di sana. Untuk itu ia lebih memfokuskan pekerjaannya pada upaya mengumpulkan dana untuk membangun sekolah.

"Saya lebih konsentrasi kumpulkan uang untuk membangun satu sekolah," pungkasnya.

Sumbangan uang sebesar Rp 617 Juta yang terkumpul untuk korban Gempa Lombok berasal dari sekolah sebesar Rp 407 juta, serta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan masyarakat sekitar Rp 211 juta. Ada juga bantuan obat-obatan, pakaian layak pakai serta selimut dari warga Surabaya.




Tonton juga 'Korban Tewas Gempa di Lombok Jadi 105 Orang':

[Gambas:Video 20detik]




Untuk Korban Gempa Lombok, Risma: Kami akan Bangun Sekolah di Sana

(ze/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed