detikNews
Senin 06 Agustus 2018, 13:31 WIB

Cerita Anak Petani di Bojonegoro yang Diterima Masuk Akpol

Ainur Rofiq - detikNews
Cerita Anak Petani di Bojonegoro yang Diterima Masuk Akpol Foto: Istimewa
Bojonegoro -
Suwito (56), warga Desa Sumberejo RT 02 RW 01 Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro merasa sangat senang ketika mengetahui anaknya lulus menjadi Taruna Akademi Polisi (Akpol).
Apalagi sebelumnya ia sering mendengar isu jika para calon taruna harus berani membayar mahal untuk bisa masuk ke sekolah polisi. Sedangkan dalam kesehariannya, Suwito hanyalah seorang petani.

Namun atas dukungan kakak perempuannya, Ahmad Farichin Abdul Hafiz (18) nekat mendaftar di Polres Bojonegoro dan mengikuti seleksi.


"Alhamdulillah pak, mboten ngiro nek yugo kulo ketrimo seleksi, sak derenge sempet ragu ragu bade daftar soale mboten gadah yotro, tibak e sak peserpun mboten ndamel yotro (Alhamdulillah pak,.. Tidak menyangka kalau anak saya keterima seleksi, sebelumnya sempat ragu mau daftar karena tidak punya uang, ternyata sepeserpun tidak menggunakan uang)," tuturnya kepada detikcom, Senin (6/8/2018).

Kabar bahwa warganya ada yang yang diterima Akpol juga dibenarkan oleh Saikul Alim, Kepala Desa Sumberejo.

"Iya mas, dia (Riki) keterima masuk Akpol tanpa dipungut biaya sepeserpun. Saya sangat bangga dan kemarin ikut mengantarnya ke Semarang," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Alim kemudian menceritakan bahwa Riki yang menyelesaikan jenjang pendidikan SD hingga SMA-nya di Bojonegoro itu dikenal sebagai sosok pendiam, sederhana dan sangat patuh kepada orang tua.


Selain itu, Riki yang hobi bermain Bulutangkis itu ternyata juga langganan juara turnamen bulutangkis sejak duduk di bangku kelas 4 SD, bahkan hingga ke tingkat provinsi.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, saat dimintai tanggapan atas lulusnya Riki mengaku tidak terlalu kaget dengan kabar tersebut. Sebab sejak awal Ary telah melihat potensi pada diri Riki.

"Dia memiliki kualitas, bahkan dalam seleksi di Polda dia peringkat 22," tuturnya.

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com