DetikNews
Minggu 05 Agustus 2018, 18:35 WIB

Resmikan Konjen Australia, Soekarwo: Jatim Terbuka untuk Investasi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Resmikan Konjen Australia, Soekarwo: Jatim Terbuka untuk Investasi Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Jawa Timur terbuka lebar untuk investor dari Australia. Selama ini hubungan Australia dengan Indonesia khususnya Jawa Timur terjaga baik.

"Pemprov Jatim menyambut dengan tangan terbuka pengusaha-pengusaha Australia yang ingin kerjasama dan mengembangkan usahanya dan kerjasama di Jatim," ujar Soekarwo saat meresmikan Kantor Konjen Australia di Gedung Esa Sampoerna Lantai III Jalan Ir. Soekarno Surabaya, Minggu (5/8/2018).

Dari pembukaan kantor ini, Pakdhe Karwo ingin neraca perdagangan Jatim-Australia akan tercapai keseimbangan ekspor dan impornya. Terlebih, dalam kurun waktu 2014 hingga Juni 2018, nilai ekspor Jatim ke Australia sebesar US$ 176,92 juta, sedangkan impornya sebesar US$ 369,46 juta.


Sedangkan untuk investasi Australia sejak tahun 1970 hingga semester I tahun 2017 tercatat sebanyak 66 proyek dengan nilai investasi sebesar US$ 894 juta.

Pakdhe Karwo mengatakan ada empat jaminan kemudahan bagi warga Australia yang ingin kerja sama. Pertama yakni pemberian kemudahan perijinan, penyelesaian masalah perburuhan, ketersediaan energi dan infrastruktur wilayah, serta fasilitasi penyediaan tanah.

Selain itu, gubernur yang telah menjabat selama dua periode ini berharap keberadaan kantor Konjen Australia dapat menjadi sarana meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Australia. Baik di politik, sosial, budaya, pendidikan maupun perekonomian.


Di kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan keberadaan Konjen Australia di Surabaya ini dimaksudkan untuk memperluas jejaring diplomatik dengan Indonesia. Selain Jawa Timur, konjen Australia juga telah ada di Bali dan Sulawesi Selatan.

"Kami juga tahu kalau Jatim bekerja sama sister province dengan Australia Barat. Kedua provinsi ini sama-sama menjadi power house perekonomian bagi negeri masing-masing," imbuhnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed