DetikNews
Minggu 05 Agustus 2018, 13:24 WIB

Yuk, Ikut Tantangan Lomba Lari di Area Bekas Tambang Semen

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Yuk, Ikut Tantangan Lomba Lari di Area Bekas Tambang Semen Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Pernah mengikuti lomba lari dengan medan areal bekas tambang semen? Jika belum, akan ada gelaran tersebut. Dengan medan area bekas tambang semen yang ada di Gresik, peserta dipaksa menempuh jarak 12 km.

Gelaran lari tersebut kelasnya adalah internasional. Menandai digelarnya lomba lari internasional yang akan berlangsung di Gresik pada 11 November mendatang itu, sebanyak 100 perwakilan komunitas, berlari bersama di Car Free Day Taman Bungkul, Surabaya.

Gelaran lari dengan medan area bekas tambang semen yang bertajuk Semen Indonesia Trail Run 2018 ini ditargetkan diikuti 2.000 peserta baik lokal hingga internasional.


"Launchingnya ditandai 100 perwakilan komunitas pelari dari Surabaya, Malang dan Gresik. Untuk pesertanya kami batasi 2.000 peserta," ujar Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia Sigit Wahono saat launching di Hotel Mercure Jalan Raya Darmo, Surabaya, Minggu (5/8/2018).

Dari ajang ini, ada dua kategori yang dilombakan. Yakni kategori 12 kilometer untuk warga asing dan 10 kilometer untuk masyarakat lokal. Sigit mengaku tidak ada batasan jika peserta lokal ingin mengikuti kategori 12 km, namun peserta asing hanya boleh beradu di kategori 12 km.

"Karena standar pelari internasional yang ikut lebih cepat, nanti gak fair. Tapi pelari nasional bisa ikut 10 km, tapi nanti kalau mencoba 12 km juga bisa," imbuhnya.

Sigit menambahkan area bekas tambang ini medannya cukup berat dengan banyaknya tanjakan dan turunan.


"Peserta memang kami batasi untuk keselamatan peserta. Trail medannya agak berat, banyak tanjakan turunan, karena memasuki area bekas tambang. Viewnya bagus tapi tepi-tepinya jurang," kata Sigit.

Acara yang juga berkaitan dengan momentum ulang tahun Semen Indonesia ini memperebutkan hadiah sebanyak Rp 195 juta. Total hadiah ini lebih banyak dari acara serupa yang digelar dua tahun lalu.

"Hadiahnya total Rp 135 juta untuk ini, dipisahkan kategori 10 km putri dan 10 km putra dan 12 km. Dibanding tahun 2016, totalnya dulu hanya Rp 45 juta," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed