DetikNews
Rabu 01 Agustus 2018, 12:23 WIB

Dari Jualan Lontong Tahu, Nenek Sukartini Bisa Naik Haji

Ainur Rofiq - detikNews
Dari Jualan Lontong Tahu, Nenek Sukartini Bisa Naik Haji Nenek Sukartini bersiap berangkat ke Asrama Haji Sukolilo (jaket hijau). (Foto: Ainur Rofiq)
Tuban - Berbekal hasil berjualan lontong tahu, Sukartini akhirnya bisa mewujudkan mimpinya menjadi tamu Allah.

Sehari-hari, Sukartini mencari nafkah dari berjualan lontong tahu di perempatan Pasar Rengel Tuban. Hal ini dilakukannya setiap malam tanpa kenal lelah.

Penghasilannya tak menentu namun ia selalu berusaha menyisihkan uang sebesar Rp 25 ribu sehari untuk ditabung.


Namun karena tidak mengenal dunia perbankan, janda tiga anak itu hanya menyimpan tabungannya di rumah. Uang yang terkumpul lantas diikutkan arisan haji.

Beruntung di tahun 2010, wanita berusia 63 tahun itu akhirnya mendapatkan arisan. Uang itu langsung digunakan Sukartini untuk mendaftarkan dirinya menjadi calon jemaah haji.

"Alhamdulillah saged budal haji. Arto saking sadean lontong kula derekne arisan (Alhamdulillah bisa berangkat haji. Uang dari hasil jualan lontong saya ikutkan arisan, red)," ujar Sukartini kepada detikcom.


Setelah resmi terdaftar, Sukartini pun semakin bersemangat menabung agar dapat melunasi biayanya berhaji.

Usaha memang tak pernah mengkhianati hasil. Delapan tahun berselang, Sukartini sudah bisa diberangkatkan ke Tanah Suci dan tergabung dalam kloter 43 Embarkasi Surabaya.


Saat dilepas oleh Bupati Tuban, Sukartini menjadi salah satu dari beberapa calon jemaah haji yang mendapatkan tali asih sebagai bentuk apresiasi atas perjuangannya.

"Barangsiapa yang memiliki tekad dan niat yang kuat maka Allah akan memberi jalan keluar," tutur Bupati Tuban, Fathul Huda saat pelepasan, Rabu (30/7/2018) malam.



Tonton juga 'Duit Puluhan Juta Rupiah Milik Jemaah Haji Tercecer di Madinah':

[Gambas:Video 20detik]



Dari Jualan Lontong Tahu, Nenek Sukartini Bisa Naik Haji

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed