Beli Bakso Sekaligus Dapat Ilmu Hafalan Alquran, di Sini Tempatnya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 15:32 WIB
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Penjual bakso yang menggratiskan dagangannya untuk penghafal Alquran di Surabaya juga mengaku mengajar hafalan dan mengaji Alquran sehabis berjualan.

"Saya selesai berjualannya kan habis jamaah Isya, nah itu saya selalu ngajar," ujarnya saat ditemui detikcom, Selasa (31/7/2018).


Kegiatannya mengajar ini sebenarnya sudah dimulai Sayful sejak bercerai dari sang istri dan mulai menjalani kehidupan baru.

"Kemarin bulan puasa itu saya mengisi di masjid di daerah Lamongan mengisi selama Ramadan. Setelah itu saya punya inisiatif untuk usaha sendiri. Sementara ini karena nggak ada modal, jadi saya ikut orang," tuturnya.


Beli Bakso Sekaligus Dapat Ilmu Hafalan Alquran, di Sini TempatnyaSelebaran berisi tawaran belajar mengaji atau menghafal Alquran bersama Sayful Bakrie. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)

Untuk saat ini, Sayful telah memiliki 16 murid yang kebanyakan orang dewasa. Lokasi belajar mengajinya pun bisa dipilih, antara privat atau di rumah indekosnya di sekitaran Bungurasih.

Bahkan Sayful mengaku tidak memasang tarif untuk membimbing orang-orang yang ingin belajar membaca dan menghafal Alquran.

"Jadi bimbingannya ini gratis. Saya ndak minta rezeki sama manusia, tapi sama Allah. Kalau minta ke Allah, jatuhnya akan lebih banyak," ungkapnya sembari memperlihatkan brosur program bimbingannya.


Hanya saja pria asal Gresik ini hanya bisa mengajar usai salat Subuh dan malam usai berjualan bakso di depan Masjid Al Ikhlas, area Terminal Purabaya, Sidoarjo.

"Itu yang di brosur jadwal dulu, kalau ndak gitu nanti pontang-panting saya," imbuhnya.

Dalam brosur yang diterima detikcom, Sayful juga menuliskan jika para penghafal bisa fokus dan serius, maka dalam tiga bulan saja yang bersangkutan sudah bisa menghafal Alquran dengan baik.


Sayful pun membagi tips bagi mereka yang ingin mengkhatamkan Alquran setiap bulan. Pertama, datang ke masjid kira-kira sepuluh menit sebelum salat fardhu dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar kita bisa memiliki kesempatan untuk membaca Alquran setidaknya dua lembar atau empat halaman sebelum salat.

"Jika tidak, bisa dilakukan sesudah salat. Sehingga jumlah keseluruhan dalam sehari bisa 10 lembar atau 20 halaman, yang berarti satu juz penuh. Dalam sebulan, tentu 30 juz akan khatam," pesannya. (lll/lll)