Duh, PN Surabaya Kekurangan Hakim

Zaenal Effendi - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 10:10 WIB
Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Jalan Arjuno/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Pengadilan Negeri (PN) Surabaya kekurangan hakim untuk menyidangkan ribuan kasus. Sebab, jumlah hakim saat ini tidak sebanding dengan perkara yang ada, yakni 6-7 ribu perkara.

Problem ini bertambah setelah tiga hakim akan dimutasi ke pengadilan lain. Ketiga hakim yang akan dimutasi yakni Unggul Mukti Warso yang akan dipindah ke Pengadilan Tinggi (PT) Banjarmasin, Ari Jiwantara ke PT Palu dan Rifandari E. Setiawan ke PN Bandung.

"Saat ini ada 30 hakim di sini. Sedangkan perkara pidana dan perdata mencapai 6-7 ribu perkara. Meski sulit meminta tambahan (MA), kami akan tetap profesional dan kerja keras selesaikan perkara d isini," kata Ketua PN Surabaya Sudjatmiko saat dihubungi, Selasa (31/7/2018).

Dari mutasi ketiga hakim, PN Surabaya hanya mendapat ganti seorang hakim yang saat ini bertugas di Pengadilan Manado.

Sudjatmiko mengungkapkan alasan meminta tambahan, disebabkan hakim yang bertugas di PN Surabaya harus senior dan berpengalaman.

"Perkara di sini sangat komplek sehingga dibutuhkan pengalaman dan jam terbang hakim, sedangkan hakim dengan kategori untuk menangani kasus yang komplek tidak banyak," ungkapnya.

Terkait perkara yang masih ditangani ketiga hakim yang dimutasi bulan depan, pihaknya akan tetap melanjutkan dan diambil alih hakim anggota.

"Untuk perkara ketiga hakim akan dilakukan penjadwalan ulang untuk hakim ketua," pungkasnya. (ze/fat)