DetikNews
Jumat 27 Juli 2018, 14:40 WIB

Netizen yang Edit Foto Dosen Brawijaya Berstatus PNS di Bontang

Muhammad Aminudin - detikNews
Netizen yang Edit Foto Dosen Brawijaya Berstatus PNS di Bontang Maulina Pia Wulandari saat melapor ke Polres Malang Kota. (Foto: Muhammad Aminudin/File)
Malang - Mauliana Pia Wulandari (42) tak terima ketika dikabari rekan sesama dosen di Universitas Brawijaya jika ada netizen yang iseng mengedit dan mengunggah fotonya ke media sosial. Bahkan foto itu menjadi buah bibir di berbagai media sosial.

Staf pengajar Ilmu Komunikasi itu pun mencari keadilan dengan melaporkan netizen iseng tersebut ke pihak berwajib. Pia juga mengunggah tanggapannya atas postingan tersebut di akunnya.

Tak disangka dari beragam komentar yang masuk, Pia memperoleh informasi tentang akun media sosial milik netizen yang menjahilinya lalu menelusurinya.

"Dua hari setelah postingan, saya counter dan ada netizen memberikan informasi akun pengunggah pertama. Dari situ, saya kemudian menelusuri dan berhasil membongkar identitasnya," terang Pia pada detikcom, Jumat (27/7/2018).


Belakangan ibu dua anak itu juga mengetahui jika netizen tersebut sudah empat kali mengunggah foto editan dirinya.

Tak berapa lama kemudian, Pia mendapatkan pesan singkat dari pelaku yang mengaku hanya iseng belaka. Ia juga menyampaikan permohonan maafnya.

"Dalam pesannya, pemilik akun itu (pelaku) menyampaikan permintaan maafnya, dia katakan hanya iseng saja," sambung Pia.

Pesan ini pun dibalas oleh Pia. "Ya saya maafkan, karena ada orang menyampaikan permintaan maaf, kita wajib membalasnya. Saya juga kemudian tahu, jika dia (pelaku) ternyata berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bontang, Kalimantan Timur," bebernya.


Bahkan secara detil Pia berhasil mengungkap jati diri pelaku. Sampai-sampai tempat bekerja sehari-hari yang menjadi aparatur sipil negara.

"Memang saya telusuri sampai ketemu, dan memang ketemu dan saya tahu semua tentang dia (pelaku)," terang Pia.

Meski demikian, Pia tetap merahasiakan identitas pelaku sebenarnya. Pia hanya menyampaikan informasi tersebut secara gamblang dalam laporannya kepada polisi.



Tonton juga 'Netizen Bandingkan Konser Rp 25 Juta Syahrini dan Celine Dion':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed