Dramatis, Ibu Terdakwa Kasus Pencurian Pingsan di Ruang Sidang

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 17:45 WIB
Ibu terdakwa kasus pencurian pingsan/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Sidang terdakwa kasus pencurian dengan kekerasan yang dilakukan anak di bawah umur, di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya berjalan dramatis. Ibu terdakwa sempat pingsan di ruang sidang.

Ibu terdakwa, ND (39), mendadak pingsan di ruang sidang. Wanita ini dibopong security ke ruang kesehatan PN Surabaya untuk menjalani pemulihan.

Usai siuman, ND mengaku tak tega melihat anaknya digelandang polisi ke mobil tahanan. Ia mengaku melihat anaknya yang masih duduk dibangku SMK kelas 3 itu, meminta pertolongan kepadanya.

"Anak saya melambaikan tangan kepada saya. Ia seakan meminta pertolongan kepada saya," kata ND kepada wartawan, Rabu (25/7/2018).

Wanita asal Tambak Asri, Moro Krembangan, Surabaya ini mengaku mengalami depresi. Pasalnya, buah hatinya yang seharusnya masih sekolah itu harus duduk di kursi pesakitan akibat melanggar hukum.

"Makan pun jadi tidak enak. Sesuap nasi pun tak mampu saya telan. Anak saya masih kelas 3 sekarang," ujarnya.

Sidang yang dipimpin Hakim tunggal FX Hanung Dwi W SH ini dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Surabaya Fathol Rosyid.

Terdakwa ini didakwa melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasaan sesuai Pasal 365 Ayat (1) Ke-1 Ke-2 KUHP. Kedua pemuda ini beraksi, Rabu 4 Juli 2018 di Jalan Banyu Urip, Surabaya. Saat itu kedua terdakwa merampas tas milik Febrianti Elviarida.

"Keduanya mengakui perbuatanya sesuai dakwaan yang telah dibacakan Jaksa," ungkap Kuasa Hukum Terdakwa, Charlie Panjaitan. (fat/fat)