Petualangan Jambret Viral di Malang Terekam CCTV Berakhir

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 17:19 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Jambret viral dengan aksinya yang terekam CCTV, ditembak polisi. Sudah empat kali pelaku melancarkan aksinya. Baru saat ini berhasil dibongkar identitasnya pasca penangkapan.

Tersangka diketahui berinisial H (34) alias Kamen, warga Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Dia buronan dalam kasus kejahatan jalanan di berbagai lokasi.

"Tersangka selama ini buron, banyak kasus selama penyelidikan yang mengarah kepada tersangka sebagai pelakunya," ungkap Wakapolres Malang Kompol Decky Hermansyah kepada wartawan di Mapolres Jalan Ahmad Yani, Kepanjen, Rabu (25/7/2018).


Saat penangkapan, petugas yang memburu tersangka melepaskan timah panas ke arah kaki tersangka. Tindakan tegas dilakukan, karena melawan saat akan diamankan.

"Tersangka juga pernah beraksi di kawasan Tumpang pada Oktober 2016 lalu. Dari anatomi crime yang dilakukan tersangka, sama dengan cara tersangka beraksi di Jalan Raya Sepanjang, beberapa waktu lalu. Modusnya membuntuti korban, yang kemudian merampas perhiasan emas dengan paksa," beber Decky.

Dalam aksinya, pelaku dikenal sadis. Perampasan barang berharga milik korban bisa berakibat fatal dan melukai. Belum lagi, pelaku melengkapi diri dengan senjata tajam.


"Ada empat TKP yang dilakukan pelaku dengan modus sama, yakni di wilayah Kepanjen, Tumpang dan juga Gondanglegi. Tersangka kami jerat pasal 365 subsider pasal 363 tentang pencurian dengan kekerasan serta pemberatan dengan ancaman hukuman selama 9 tahun penjara," sebut Decky.

Seperti diberitakan, aksi jambret terekam CCTV di Jalan Raya Sepanjang, Gondanglegi, Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu. Rekaman video langsung viral di media sosial, seorang ibu menjadi korban tak berdaya melawan pelaku. Gelang emas seberat 15 gram raib digondol pelaku bersenjatakan clurit saat beraksi. (fat/fat)