Gelombang Tinggi Hantam Pacitan Lagi, Kios Cetak Foto Menghilang

Purwo S - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 13:11 WIB
Sebuah kios cetak foto di Pantai Klayar menghilang pasca dihantam gelombang tinggi. (Foto: Istimewa)
Pacitan - Gelombang tinggi kembali menghantam wilayah selatan Pacitan. Kali ini kerusakan tak hanya melanda kawasan barat Kota 1001 Gua, melainkan juga melanda sejumlah pantai di wilayah timur.

Bahkan dari informasi yang dihimpun detikcom, sebuah kios layanan cetak foto di Pantai Klayar hilang terbawa ombak. Sepekan sebelumnya, belasan warung di lokasi yang sama juga mengalami kerusakan akibat terhempas gelombang.

Kondisi serupa juga terjadi di Pantai Ngiroboyo. Obyek wisata yang bersebelahan dengan Pantai Klayar itu juga dipenuhi air laut pada bagian pelataran.


Meski sempat masuk ke deretan kios, derasnya air tak menyebabkan kerusakan. Namun lapisan paving di halaman parkir mengelupas. Perlu diketahui bahwa jarak warung-warung tersebut dengan bibir pantai sekitar 20 meter.

"Air mengenai bangunan warung. Jadi istilahnya kebanjiran. Insya Allah tidak ada kerusakan," kata Wildan, pengelola kawasan, Rabu (25/7/2018).

Gelombang Tinggi Hantam Pacitan Lagi, Kios Cetak Foto MenghilangGelombang tinggi merusak kapal milik nelayan Pacitan. (Foto: Istimewa)

Di bagian timur Kabupaten Pacitan, gelombang tinggi juga merusak sarana kerja milik nelayan. Beberapa perahu di kolam labuh Pantai Tawang, Desa Sidomulyo pecah. Kondisi itu terjadi lantaran kapal saling berbenturan saat ombak menerjang.

Sungkono, Ketua Kelompok Nelayan Pantai Tawang membenarkan kejadian tersebut. Hanya saja, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui jumlah pasti perahu yang rusak.

Dituturkan Sungkono, gelombang datang begitu cepat. Tak hanya tinggi, arus air laut yang mengarah ke daratan juga sangat kuat. Dampaknya juga mengenai sejumlah pemukiman warga di areal tempat pelelangan ikan.

"Memang ada (perahu) yang rusak. Tapi jumlahnya berapa, laporannya belum masuk ke saya," terangnya saat dihubungi detikcom secara terpisah.


Sehari sebelumnya, Bupati Indartato meninjau beberapa obyek wisata yang terdampak gelombang tinggi antara lain Pantai Klayar dan Pantai Watukarung. Bupati menegaskan pemkab akan memaksimalkan sumber daya yang ada untuk menyikapi fenomena tersebut.

Pak In, sapaan Indartato, meminta para pemangku kepentingan bidang wisata pantai turut menjaga keamanan pengunjung. Tak terkecuali pemerintah desa dan masyarakat.

"Ini akan kita bicarakan bagaimana memecahkan masalah ini, utamanya kalau terjadi gelombang ini tidak memakan korban," tandasnya.



Tonton juga 'Gelombang Tinggi, Air Laut Luber ke Dataran di Kebumen':

[Gambas:Video 20detik]

(lll/lll)