detikNews
Selasa 24 Juli 2018, 14:33 WIB

Dinkes Lamongan Temukan 9 Suspect Difteri

Eko Sudjarwo - detikNews
Dinkes Lamongan Temukan 9 Suspect Difteri Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Selama 7 bulan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan menemukan 9 orang suspect difteri. Setelah dilakukan pemeriksaan medis, rupanya kesembilan orang tersebut negatif difteri.

"9 Kasus suspect difteri ini terdata mulai Januari sampai dengan bulan Juni," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Lamongan Bambang Susilo, Selasa (24/7/2018).

Namun, sambung Bambang, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, 9 orang difteri tersebut dinyatakan negatif difteri. "Alhamdulillah hasil pemeriksaan swab kuman, negatif," ungkapnya.

Bambang menuturkan, Dinkes Lamongan melaksanakan Outbreak Response Immunization (ORI) Difteri tahap II sejak Minggu (1/7/2018). Menurut dia, sasaran ORI tetap sama, yakni anak usia 1 tahun sampai kurang dari 19 tahun.

"Jumlah sasaran tetap seperti putaran pertama yakni dengan sasaran proyeksi 315.795 anak dan sasaran riil 324.635 anak," terangnya.

Sementara, kegiatan ORI Difteri tahap kedua ini juga didukung oleh anggota TNI hingga ke jajaran terbawah. Seperti yang terlihat saat peĺaksanaan ORI difteri yang dilakukan di Kecamatan Ngimbang.

Di wilayah kerja UPT Puskesmas Ngimbang menyasar 650 Anak. Para personel TNI turut hadir bersama para petugas kesehatan.

"Kami mendukung sepenuhnya pelaksanaan imunisasi difteri dalam rangka ORI Difteri Tahun 2018 di wilayah Kecamatan Ngimbang," ujar Danramil 0812/06 Ngimbang Kodim 0812 Lamongan Kapten Chb Choiri.

Choiri mengatakan, tak hanya anggota TNI yang ada di jajaran terbawah, yaitu Babinsa setempat, tetapi pihaknya juga menerjunkan staf Koramil untuk mendampingi dan membantu kelancaran imunisasi difteri.

"Semua personel ini kami minta untuk mendampingi petugas kesehatan, baik yang di sekolah, Posyandu, Puskesmas maupun faskes lainnya," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com