Kota Malang Dikepung Asap, Diduga dari TPA Supiturang Terbakar

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 24 Jul 2018 13:01 WIB
Asap terlihat mengepung kota Malang (Foto: istimewa)
Malang - Sejumlah wilayah terdampak kabut asap yang diduga berasal dari Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Supiturang, Kota Malang. Sejak pagi tadi, kepulan asap banyak dikeluhkan warga, mereka juga mem-posting di media sosial.

Kepala UPT TPA Supiturang Tutut Setiaji tak menyangkal jika asap berasal dari wilayah kerjanya (TPA Supiturang). Kendati begitu, dia membantah TPA dalam kondisi terbakar.

"Iya asap dari sini (TPA Supiturang), tapi bukan karena kebakaran. Asap muncul dari tumpukkan sampah," ungkap Tutut saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (24/7/2018).


Dampak asap TPA Supiturang berada di wilayah Mulyorejo, Sukun, Kota Malang, menjangkau hingga kawasan Jalan Ijen, Raya Langsep, dan pemukiman di wilayah Mulyorejo, berlokasi di sebelah timur dari TPA Supiturang, pagi tadi.

Tutut mengaku jika sumber asap diketahui berada di bekas lokasi longsor gunungan sampah. Radiusnya mencapai sekitar 500 meter persegi.

"Jadi di bekas longsor, kita ketahui adanya asap. Tidak begitu besar kawasannya, tak tidak ditemukan adanya api," bebernya.


Dia menduga hembusan angin membawa asap sampai radius 2 kilometer dari Supiturang. "Kami upayakan segera teratasi, dengan meminta bantuan PMK," tandasnya.

Informasi yang diterima detikcom, akhir pekan lalu terlihat titik api di kawasan TPA Supiturang. Kebakaran tersebut menjadi penyebab terjadinya asap hingga hari ini.



Tonton juga 'Kebakaran Hebat Landa Gudang Tekstil di Probolinggo':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)