DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 09:03 WIB

Surabaya Jadi Kota Terbaik Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Surabaya Jadi Kota Terbaik Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award Foto: Istimewa
Surabaya - Setelah Lee Kuan Yew World City Prize di Singapura, kini Surabaya meraih penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018. Bahkan, Kota Pahlawan sukses menjadi best of the best di antara semua daerah di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan langsung Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (20/7/2018) malam.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan penghargaan kepada kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah.

Kota Pahlawan menyingkirkan pesaingnya. Antara lain Kota Denpasar, Bali di posisi kedua dan Bandung, Jabar di posisi ketiga.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku perjuangan belum usai. Pihaknya akan terus memperbaiki dan mempercantik Surabaya ke depannya.


"Perjuangan kita bersama belum selesai. Mari kita terus bersama-sama membangun Kota Surabaya," kata Wali Kota Risma, Minggu (22/7/2018).

Sementara Menpar Arief Yahya mengaku penghargaan ini sebagai modal sebuah daerah jika ingin menjadi pemain dunia menggunakan standar global.

"Selamat kepada para pemenang, terutama Surabaya yang size dan pertumbuhan tertinggi di atas 40 persen performancy-nya," kata Arief Yahya usai menyerahkan penghargaan.

Menurut Arief, penghargaan ini memiliki unsur 3C, yakni calibration (kalibrasi), confidence (kepercayaan diri) dan credibility (kredibilitas).

"Yang lebih penting dari 3A adalah CEO commitment atau komitmen kepala daerah. Karena kalau CEO-nya tidak komitmen hal itu tidak akan tercapai. Pariwisata itu paling mudah dan Paling murah, sayang sekali jika rekan-rekan tidak memanfaatkanya," ujarnya.


Arief menambahkan, kampanye branding Wonderful Indonesia telah meningkatkan performance Indonesia. "Hal ini terlihat dari popolaritas Wonderful Indonesia melonjak dari status tidak tercatat menjadi ranking 47 dunia, sedangkan Truly Asia (Malaysia) dan Amazing (Thailand) masing-masing berada di posisi 83 dan 97 dunia," ujarnya.

Terdapat 4 indikator yang mempengaruhi penilaian penghargaan ini. Meliputi kinerja usaha pariwisata, Indeks Pariwisata Indonesia, Indonesia's Attractiveness Award, dan Penghargaan Internasional dan Nasional.

"Jadi, penilaiannya sangat komplek dan komplit," ungkap Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed