DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 08:03 WIB

Jenazah Kapal Tenggelam di Jember Kembali Ditemukan, Korban 8 Orang

Yakub Mulyono - detikNews
Jenazah Kapal Tenggelam di Jember Kembali Ditemukan, Korban 8 Orang Jenazah kapal tenggelam kembali ditemukan/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Tim SAR gabungan kembali menemukan jenazah ABK Joko Berek yang tenggelam di Plawangan Pancer, Jember. Korban diketahui bernama Munaji (45) warga Dusun Mandaran, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger.

"Ditemukan sekitar radius 500 meter sebelah barat dari lokasi terbaliknya kapal," kata SAR Mission Coordinator yang juga Kepala Kantor SAR Jatim Prasetya Budi, Jumat (20/7/2018).

Dia menjelaskan, korban ditemukan tim yang melakukan penyisiran malam dengan berjalan kaki di sepanjang pantai. Saat itulah tim ini melihat sosok mayat mengambang di tepi pantai.

"Mengambang di tepi pantai. Langsung kita evakuasi ke puskesmas setempat," jelas Prasetya.


Dengan ditemukan jenazah Munaji, maka ABK Joko Berek yang meninggal berjumlah 8 orang. Sesuai data yang dimiliki tim SAR, korban yang belum ditemukan tinggal satu orang atas nama Syafii.

"Besok pencarian kita lanjutkan, tetap melakukan penyisiran di tepi pantai, namun radiusnya diperluas," terang Prasetya.

Dia memperkirakan korban akan tetap berada di sekitar pantai. Hal ini mengacu pada alat yang digunakan tim SAR untuk menganalisa dan memprediksi keberadaan korban.

"Kita punya alat yang bisa digunakan untuk memprediksi lokasi korban dengan mengacu lokasi kejadian kapal tenggelam. Prediksi kita tubuh korban tidak akan terbawa arus ke tengah. Tetap di sekitaran pantai," terang Prasetya.


Oleh karena itu, pihaknya akan fokus melakukan penyisiran di sepanjang pantai. Apalagi, biasanya korban tenggelam jika sudah mencapai tiga hari, maka tubuhnya akan muncul ke permukaan.

"Pengalaman kita, korban tenggelam biasanya muncul ke permukaan setelah tiga hari. Mudah-mudahan korban yang satu orang ini besok berhasil ditemukan," pungkas Prasetya.

Kapal Joko Berek yang dinakhodai Dirman tenggelam akibat hantaman ombak saat memasuki Plawan Puger, Kamis (19/7/2018) pagi. Dari peristiwa ini, 7 ABK tewas dan 2 masih dalam pencarian. Sementara Dirman bersama 12 ABK lainnya berhasil selamat.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed