DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 17:48 WIB

Masih Shock, Begini Kondisi Nakhoda Kapal Tenggelam di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Masih Shock, Begini Kondisi Nakhoda Kapal Tenggelam di Jember Foto: Yakub Mulyono
Jember - Dirman (45), menjadi salah satu korban selamat peristiwa kapal penangkap ikan Joko Berek tenggelam. Kapal tenggelam terjadi di Plawangan Pancer, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger.

Nakhoda kapal tenggelam itu lolos dari maut setelah melompat dari kapal dan berhasil berenang ke tepi pantai.

Oleh sejumlah nelayan, Dirman kemudian dibawa ke Klinik Graha Puger Sehat (GPS), Puger. Kondisi Dirman yang lemah langsung mendapat perawatan intensif.

"Saya hampir pingsan ketika sampai ke tepi. Sebab saat itu saya banyak minum air dan ada pasir yang masuk hidung," kenang Dirman, Jumat (20/7/2018).

Bahkan untuk bernafas, Dirman sempat dibantu alat pernafasan yang disalurkan melalui selang ke hidung. Tangannya hingga saat ini juga masih diinfus.


"Sempat dibantu alat pernafasan, tapi sekarang sudah mendingan," ujar warga Dusun Mandaran, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger.

Ditanya kondisi 21 ABK yang ikut bersamanya saat kapal terbalik dan tenggelam, Dirman mengaku belum tahu. Dia hanya berharap anak buahnya itu semua berhasil selamat.

"Saya belum tahu keadaan mereka, tapi saya berharap mereka semua berhasil selamat," katanya.

Pihak keluarga yang menunggu Dirman meminta wartawan agar tidak memberitahu pria itu berapa jumlah korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Alasannya demi pemulihan kondisi fisik dan psikis Dirman.


"Tolong jangan diberitahu dulu berapa yang meninggal, kasihan, nanti shock dan tambah banyak mikir," bisik salah seorang kerabat Dirman.

Kondisi Dirman memang tampak trauma. Bahkan untuk menjawab pertanyaan wartawan, respon yang diberikan agak lambat dan pembicaraannya kadang masih terbata-bata. Dia juga masih belum sanggup menceritakan secara detail peristiwa yang menimpa dirinya bersama anak buahnya itu.

"Pokoknya ngeri, saya tidak sanggup cerita," ujarnya.

Kapal Joko Berek yang dinakhodai Dirman tenggelam akibat hantaman ombak saat memasuki Plawan Puger, Kamis (19/7/2018) pagi. Dari peristiwa ini, 7 ABK tewas dan 2 masih dalam pencarian. Sementara Dirman bersama 12 ABK lainnya berhasil selamat.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed