DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 16:59 WIB

Kirab Obor Asian Games Mampir ke Makam Bung Karno di Blitar

Erliana Riady - detikNews
Kirab Obor Asian Games Mampir ke Makam Bung Karno di Blitar Foto: Erliana Riady
Blitar - Di Blitar, Torch Relay Asian Games 2018 dimulai dengan ziarah ke Makam Bung Karno (MBK). Acara yang molor selama 4 jam ini dimulai saat Menko PMK Puan Maharani mulai memasuki areal MBK pada pukul 12. 35 WIB. Keterlambatan disebabkan api terhambat saat proses pemberangkatan dari Bandara Solo menuju Lanud Abdulrahmansaleh Malang.

Sebelumnya hadir lebih dulu Ketua Indonesian Asian Games Organiting Commite (Inasgoc) Erick Tohir yang menyatakan, segala persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games telah dilaksanakan sebaik mungkin.

Torch Relay juga dilaksanakan di Blitar. Karena selain sebagai event olah raga, moment ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan Indonesia.

"Visi Torch Relay ini juga mempromosikan Indonesia. Blitar sebagai kota sejarah kota tempat dimakamkan Proklamator Bangsa. Kita juga akan melewati kota-kota pariwisata seperti Malang dan Banyuwangi," kata Erick kepada wartawan, Jumat (20/7/2018).


Terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Erick mengaku telah menyiapkan semuanya sebaik mungkin. Termasuk penanganan bencana asap di Palembang.

"Kami sudah koordinasi dengan berbagai pihak agar tidak sampai ada asap saat pelaksanaan nanti," jelasnya.

Selang 10 menit kemudian, menyusul Menko PMK memasuki areal MBK. Puan sendiri menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPN dan DLH untuk penanganan asap di Palembang.


"Tidak ada alternatif tempat. Hanya Jakarta dan Palembang. Makanya saat pelaksanaan semoga penanganan asap bisa sebaik mungkin dilaksanakan," ujar Puan.

Kedatangan kedua tokoh ini disambut Bupati Blitar Rijanto dan Wawalikota Blitar Santoso.

Usai menemui jurnalis, Puan langsung menuju pusara MBK untuk ziarah secara pribadi. Sementara di luar areal MBK, sirine mobil kepolisian telah mengawal rombongan obor pembawa Asian Games untuk memasuki areal MBK.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed