DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 19:03 WIB

NasDem Target Raih 14 Kursi di DPRD Kabupaten Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
NasDem Target Raih 14 Kursi di DPRD Kabupaten Malang Foto: Muhammad Aminudin/File
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Malang - Partai NasDem menargetkan 14 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Sebanyak 50 kader didaftarkan pada Pileg 2019. Saat ini, NasDem hanya memiliki empat kursi saja.

"Kami menargetkan 14 kursi pada Pileg nanti (2019). Saat ini, kami sudah memiliki empat kursi saja," kata Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Malang Choirul Anam, Kamis (19/7/2018).

Partai besutan Surya Paloh optimis target akan tercapai dengan mendaftarkan 50 bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPUD Kabupaten Malang beberap waktu lalu.

Yang terdiri dari 29 bacaleg laki-laki dan 21 bacaleg perempuan. Untuk memenuhi kuota, dalam setiap Dapil terdapat 3 bacaleg perempuan.

"Kami optimis bisa tercapai, dari tujuh Dapil (daerah pemilihan) di Kabupaten Malang, kita berharap mendapatkan dua kursi," beber mantan politisi Golkar ini.


Selain mendaftarkan 50 bacaleg untuk DPRD Kabupaten Malang, NasDem juga mendaftarkan istri dan putra Bupati Malang Jajuk Rendra Kresna sebagai bacaleg DPRD Provinsi Jawa Timur, dan Kresna Dewanata Prosakh kembali menjadi bacaleg DPR RI untuk kedua kalinya.

Sebanyak 50 kursi di DPRD Kabupaten Malang bakal diperebutkan 15 parpol yang sudah mendaftarkan bacalegnya. Proses verifikasi berkas oleh KPU tengah berjalan. Jika ditemukan kekurangan syarat, maka parpol berkewajiban melengkapi pada masa perbaikan nanti.

Sejak pendaftaran bacaleg dibuka hingga berakhir 17 Juli 2018 lalu, KPU Kabupaten Malang menerima pendaftaran 652 bacaleg dari 15 parpol. Terdiri dari 352 bacaleg laki-laki dan 300 bacaleg perempuan.

Ketua KPU Kabupaten Malang Santoso mengaku, tak semua parpol mendaftarkan bacaleg secara maksimal (50 orang). Di antaranya Perindo, Hanura, Bulan Bintang, Persatuan Solidaritas Indonesia, dan PKPI.

"Dari tujuh Dapil, enam Dapil nantinya diperebutkan sebanyak 7 kursi, dan satu Dapil untuk 8 kursi," ungkap Santoko terpisah.
(fat/fat)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed