Dua Kali Gagal, Wartawan ini Tak Pantang Surut Kembali Nyaleg

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 19 Jul 2018 16:59 WIB
Fajar Agustyono (Tengah) gagal nyaleg 2 kali/Foto: Erliana Riady
Blitar - Dua kali gagal jadi wakil rakyat, tidak membuat wartawan Blitar ini kapok mendaftar kembali sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) 2019. Dia mendaftar melalui Partai Gerindra.

Niat untuk bisa mengakomodir suara rakyat, membuat Fajar Agustiono (54) semangat kembali memperjuangkan diri maju sebagai anggota DPRD Kota Blitar.

"Pengalaman saya sebagai wartawan hanya bisa mengontrol kebijakan pemda lewat berita yang saya tulis. Tapi tidak bisa berbuat lebih," kata Fajar ditemui di Istana Gebang Kota Blitar, Kamis (19/7/2018).

Dia menjelaskan tahun 2015-2017, Fajar terpilih sebagai Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMK) Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan. Dari jabatan di lingkup kecil itu, tambah dia, mampu menyuarakan kepentingan warga sekitar tempat tinggalnya.

"Misal, jalan masuk gang rusak. Saya mendapat akses mengajukan anggaran pembangunan melalui dinas terkait. Pengajuan itu tentu saja atas persetujuan dewan. Nah kalau saya jadi anggota dewan, kan kewenangan saya lebih luas untuk memperjuangkan kepentingan semakin banyak rakyat," tandas bapak dua anak ini.

Pengalaman sebagai wartawan dan LPMK inilah menjadikan Fajar lebih percaya diri untuk maju caleg lagi. Menurutnya, program pemerintah sudah bagus. Namun aplikasi di masyarakat banyak yang belum tepat sasaran.

"Nah yang pegang data dan fakta itu di lapangan adalah wartawan. Saya menilai, program pemerintah yang bagus-bagus banyak yang tidak tepat sasaran. Ironisnya, kalangan legislatif tidak maksimal mengawalnya," tegas wartawan MemoX ini.

Fajar mengaku sangat geram dengan tingkah anggota DPR sekarang. Banyak yang hanya mikir partainya atau kelompoknya sendiri. Tanpa peduli kenyataan dalam kehidupan sehari-hari sebagian besar masyarakat.

"Kali ini saya kuatkan niat untuk rakyat. Saya ingin konotasi sebagai anggota dewan berubah jadi baik. Saya ingin mengembalikan marwah wakil rakyat itu sejatinya seperti apa. Semoga mendapat jalan," pungkasnya. (fat/fat)