DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 10:59 WIB

Istri dan Anak Bupati Malang Nyaleg, Ini Kata Pengamat

Muhammad Aminudin - detikNews
Istri dan Anak Bupati Malang Nyaleg, Ini Kata Pengamat Foto: Muhammad Aminudin/File
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Malang - Istri dan anak Bupati Malang Rendra Kresna nyaleg melalui Partai NasDem. Bagaimana dengan peluang mereka jadi legislatif untuk daerah pemilihan (Dapil) sama, Malang Raya.

Pengamat politik Universitas Brawijaya (UB) Wawan Sobari melihat mengaku majunya Jajuk Rendra Kresna dalam bursa bakal calon legislatif (bacaleg) pertama hanya memenuhi kuota perempuan.

Yang kedua, sebagai istri kepala daerah, Jajuk jelas memiliki kans cukup tinggi. Hal ini menjadi pertimbangan partai besutan Surya Paloh merekrut sebagai bacaleg.

"Saya kira ini sederhana saja, hanya untuk memenuhi kuota perempuan. Tapi di luar itu harus dipikirkan peluang untuk menang. Tetapi Bu Rendra (Jajuk Rendra Kresna), terlihat beberapa waktu sering turun ke bawah dengan PKK-nya. Yang terpenting adalah mengapa NasDem cenderung menonjolkan figur-figur yang sudah dikenal. Ini jelas menunjukkan ambisi NasDem dalam memperoleh kursi di legislatif," terang Wawan Sobari berbincang dengan detikcom, Kamis (19/7/2018).

Dia menjelaskan tren elektabilitas NasDem cenderung menurun di sejumlah survei. Bahkan, posisi partai nomor urut 5 pemilu ini, di bawah electoral thresold alias ambang batas peserta pemilu.

"Melihat survei Kompas mencapai 4,3 persen di atas electoral thresold, tetapi Poltracking dan Indikator justru di bawah electoral thresold yakni 4 persen. Tahun lalu secara nasional, NasDem mendapat 6,7 persen. Melihat ini, maka figur lebih ditonjolkan untuk mendongkrak elektabilitas partai serta peluang caleg terpilih," beber Wawan.


Jika melihat Kresna Dewanata Prosakh, putra dari Bupati Malang, Wawan menyebut peluangnya sangat cukup besar. Karena ini merupakan pemilihan kedua kalinya.

Menurut dia, langkah ini sengaja dilakukan NasDem. Di sisi lain aturan pemilu yang terbuka, calon bisa dipilih oleh parpol dan begitu sebaliknya (daftar terbuka).

Kondisi ini memberikan peluang sangat besar bagi calon, berdasarkan hasil pemilu 2014, sebanyak 70 persen pemilih mencoblos figur atau calon.

"Kalau anaknya Pak Rendra (Dewanata) maju kedua kalinya. Sudah memiliki simpul-simpul pemilih, makanya wajar maju kembali di Dapil yang sama. Istrinya Pak Rendra kemudian Pak Geng (Moch Geng Wahyudi) merupakan figur yang sudah dikenal. Karena tren NasDem lagi turun, dan ambisi dapat kursi," tegasnya.

Soal stigma negatif wakil rakyat dengan jeratan dugaan korupsi, bisa mempengaruhi pemilih. Menurut Wawan, kondisi tersebut untungnya tak terjadi di Kabupaten Malang.

"Namun saya melihat persepsi masyarakat berbeda-beda, ada yang kritis, ada yang tidak. Itulah yang menjadi kesempatan, yang penting populer dulu, banyak dikenal dan disukai kemudian dipilih," ujarnya.

Jajuk Rendra Kresna mendaftar sebagai bacaleg untuk DPRD Provinsi Jawa Timur bersama 10 orang lain melalui Partai NasDem. Hal sama juga dilakukan Kresna Dewanata Prosakh untuk kursi DPR RI bersama Moch Geng Wahyudi juga menjabat Penasehat DPW Partai NasDem Jatim, Efti Mariasari istri Geng turut maju bacaleg DPRD Provinsi Jatim, semua di Dapil Malang Raya.
(fat/fat)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed