DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 09:33 WIB

Tak Ada Kabar 4 Hari, Pria Ini Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

Yakub Mulyono - detikNews
Tak Ada Kabar 4 Hari, Pria Ini Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai Pemancing Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Seorang pria ditemukan tewas mengambang di aliran Sungai Bondoyudo. Korban, Abdul Muqit (36) ditemukan tewas setelah 4 hari lalu berpamitan memancing ikan di sungai Dusun Krajan, Desa Padomasan, Kecamatan Jombang, Jember.

Tubuh warga Dusun Krajan, Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowilangun, Lumajang, ini ditemukan mengambang oleh Sueb (45).

"Tubuh korban pertama kali ditemukan warga setempat bernama Sueb (45). Saat itu dia sedang mencari cacing di sekitar sungai," kata Kapolsek Jombang AKP Makruf Abdullah, Kamis (19/7/2018).

Awalnya Sueb mengira tubuh korban merupakan gedebok pisang. Namun pria itu curiga dengan bentuk benda mengambang itu karena mirip tubuh manusia.

"Setelah didekati, ternyata memang sosok tubuh manusia. Posisinya tertelungkup. Mengambang di tepi sungai dan tersangkut pohon," jelas kapolsek.

Saat pertama ditemukan, tubuh korban sudah membengkak. Bahkan sebagian tubuhnya juga dikerubuti belatung. Bau menyengat juga menyebar dari tubuh korban.


"Penemuan mayat itu kemudian dilaporkan ke kami dan meluncur ke TKP," tambah kapolsek.

Dibantu tim BPBD Jember dan warga sekitar, polisi akhirnya berhasil mengevakuasi jasad korban. Polisi kemudian membawanya ke puskesmas setempat untuk divisum. Saat itu identitas korban belum diketahui.

"Berita penemuan mayat itu rupanya cepat menyebar, sehingga ada warga yang kehilangan anggota keluarganya melakukan pengecekan. Dari situlah akhirnya identitas korban diketahui. Korban bernama Abdul Muqit, warga (kecamatan) Yosowilangun, Lumajang," terangnya.

Kepastian ini didapat setelah pihak keluarga mengenali ciri-ciri korban. Salah satunya ada memar di leher bekas penyakit.

Menurut keterangan pihak keluarga, Abdul Muqit tidak pulang selama 4 hari. Sebelumnya, pria yang masih lajang itu pamit memancing ikan di sungai.

"Menurut keterangan pihak keluarga, korban selama ini memang ada penyakit syaraf. Jadi dugaan kami korban terpeleset dan jatuh ke sungai saat memancing," tambahnyaf.

Setelah divisum, jenazah Abdul Muqit selanjutnya dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan. "Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed