DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 14:25 WIB

Cerita Andika, Atlet Sederhana Muay Thai Berlatih dengan Sepatu Butut

M Rofiq - detikNews
Cerita Andika, Atlet Sederhana Muay Thai Berlatih dengan Sepatu Butut Andika dan kedua orang tuanya (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Menjadi atlet dengan kesederhanaan hidup dirasakan dengan getir oleh Andika, seorang atlet Muay Thai. Atlet yang telah memenangkan kejuaraan masional itu harus mengasah kemampuannya olah raga bela diri favoritnya dengan perlengkapan yang sangat minim.

Bermodal sepatu butut yang ia miliki satu-satunya, Andika tetap semangat berlatih sejumlah teknik seni bela diri Muay Thai. Bahkan menurut Muti, ibu Andika, saat sepatunya rusak, Andika hanya mampu memperbaiki seadanya.

"Kalo rusak ya dijahit sendiri. Susah, jangankan buat beli baru, buat beli kebutuhan hidup sehari-hari saja tak cukup," ujar Muti.


Foto: M Rofiq

Meski menghadapi masalah di balik keterbatasannya, namun Andika tak mempersoalkannya, ia hadapi dan anggap sebagai perjuanan. Namun yang ia sayangkan adalah dihapuskannya kejuaraan Muay Thai pada Asian Games di Palembang-Jakarta mendatang.

Andika menyebut bahwa Muay Thai tidak dipertandingkan di Asian game lantaran minimnya prestasi atlet Indonesia untuk olah raga itu, terlebih saat Sea Games di Malaysia 2017 lalu.

"Meski saya tidak diikutkan dalam Asian Games mendatang, tapi saya harap pemerintah tetap membuka kejuaraan Muay Thai agar teman-teman atlet yang lain bisa unjuk gigi pada kejuaraan Se-Asia itu. Setidaknya negara lain bisa tahu, jika Indonesia juga punya atlit Muay Thai,"tandas Andika.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed