DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 13:53 WIB

Barang Terlarang yang Disita dari Calhaj, Mulai Kerikil hingga Paku

Zaenal Effendi - detikNews
Barang Terlarang yang Disita dari Calhaj, Mulai Kerikil hingga Paku Batu kerikil yang diamankan dari barang bawaan calon jemaah haji embarkasi Surabaya. (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Sejumlah barang yang tak lazim dibawa oleh calon jemaah haji diamankan oleh petugas Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Barang-barang yang dimaksud antara lain batu kerikil, paku hingga pisau.

Barang-barang ini diamankan petugas dari calon jemaah haji saat pemeriksaan X-ray sebelum pemberangkatan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

"Barang yang disita petugas berasal dari puluhan jamaah haji kloter I asal Situbondo dan kloter II asal Bondowoso," kata Sekertaris I PPIH Embarkasi Surabaya, Sutarno di AHES, Selasa (17/7/2018).


Temuan ini pun disesalkan oleh petugas pemberangkatan calon jemaah haji. Apalagi sebelum masuk asrama haji, calon jemaah haji telah mendapatkan sosialisasi untuk tidak membawa barang-barang yang memang tidak dibenarkan untuk dibawa ke Arab Saudi.

Namun faktanya sebagian jamaah tidak mengindahkan peringatan itu.


Sutarno menambahkan, dari pengakuan calhaj yang membawa batu kerikil, yang bersangkutan takut tidak kebagian kerikil dan takut berdesakan dengan jemaah lainnya saat mencari kerikil sebelum melempar jumrah.

"Mengakunya biar tidak susah berdesakan mencari kerikil untuk lempar jumroh," ujarnya menirukan jawaban calhaj.


Dua mesin X-ray dan dua walkthrough metal detector memang telah dipersiapkan oleh Bandara Internasional Juanda untuk meningkatkan kelancaran pelayanan kepada calon jemaah haji sejak di asrama haji.

"Kami menempatkan petugas dan alat-alat pemeriksaan keamanan di asrama haji, juga sejumlah 2 mesin X-Ray dan 2 walkthrough metal detector akan dioperasikan di sana sehingga diharapkan calon jemaah haji yang memasuki bandara sudah steril karena telah melewati screening sehingga dapat langsung masuk ke pesawat," jelas Heru Prasetyo selaku General Manager Bandara Internasional Juanda dalam kesempatan terpisah.
(ze/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed