Calhaj Tak Perlu Pemeriksaan Ketat di Bandara, Ini Sebabnya

Suparno - detikNews
Selasa, 17 Jul 2018 13:12 WIB
Kloter pertama dari embarkasi Surabaya berangkat dari Bandara Juanda. (Foto: Suparno)
Surabaya - Jemaah haji kloter pertama dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda hari ini. Total ada 1.345 calon jemaah haji yang diberangkatkan.

Untuk meningkatkan kelancaran pelayanan kepada calon jemaah haji, bandara yang terletak di Sidoarjo tersebut juga menyiapkan sejumlah fasilitas.


Yang utama adalah fasilitas screening untuk pemeriksaan keamanan bagi calon jemaah haji berikut barang bawaannya di Asrama Haji Sukolilo.

"Kami akan menempatkan petugas dan alat-alat pemeriksaan keamanan di asrama haji, juga sejumlah 2 mesin X-Ray dan 2 walkthrough metal detector akan dioperasikan di sana sehingga diharapkan calon jemaah haji yang memasuki bandara sudah steril karena telah melewati screening sehingga dapat langsung masuk ke pesawat," jelas Heru Prasetyo selaku General Manager Bandara Internasional Juanda, Selasa (17/7/2018).


Selain itu, pihaknya juga menyiapkan fasilitas tambahan seperti musola dan toilet portabel.

"Musola dan toilet portable ini akan disiapkan di sebelah timur area GSE, di lokasi bus sebelum calon jemaah naik ke pesawat," lanjut Heru.

Dari 1.345 calon jemaah haji yang berangkat hari ini, kloter pertama berasal dari Situbondo sebanyak 450 orang; kloter kedua dari Bondowoso 450 orang dan kloter ketiga gabungan dari Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo 445 orang. (lll/lll)