DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 19:28 WIB

Trenggalek Satu-satunya Wakil Asia di Program Kepemimpinan Harvard

Adhar Muttaqin - detikNews
Trenggalek Satu-satunya Wakil Asia di Program Kepemimpinan Harvard Foto: Muhammad Ridho/File
Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terpilih sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang diundang untuk mengikuti program pelatihan inovasi dan tata kelola pemerintahan tingkat dunia yang digelar di News York, Amerika Serikat.

Dalam program yang diselenggarakan oleh Bloomberg Harvard City Leadership Initiative tersebut, Trenggalek, dalam hal ini kepala daerahnya, akan bergabung dengan kepala daerah dari berbagai kota terpilih untuk mendapatkan pendampingan selama setahun penuh.

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengaku daerahnya ditunjuk langsung oleh Universitas Harvard setelah dilakukan seleksi ketat dengan berbagai daerah lainnya. Dalam proses itu, ia juga diminta untuk membuat esai dan pemaparan tentang konsep inovasi yang sudah maupun akan dilakukan olehnya di Trenggalek.


"Kebetulan itu terjadi saat saya melakukan cuti kampanye kemarin. Seleksinya itu by invitation only, artinya yang diundang itu hasil penelusuran Bloomberg dan Universitas Harvard. Saya diminta untuk membuat esai itu dan alhamdulillah diterima," ujarnya, Senin (16/7/2018).

Ia pun menilai penunjukan tersebut terasa spesial karena dari 40 kota yang terpilih hanya Kabupaten Trenggalek yang berkesempatan untuk mewakili Indonesia, bahkan merupakan satu-satunya dari Benua Asia.

"Melalui inisiatif ini, maka Harvard akan mendampingi selama setahun daerah-daerah untuk diupgrade oleh senior-seniornya dan dikolaborasikan dengan 40 daerah dari seluruh dunia yang terpilih," terang Emil.


Pada tahap pertama, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih ini akan terbang langsung ke New York untuk mendapatkan pembekalan dari Universitas Harvard dan Bloomberg. Selanjutnya ia juga akan menunjuk dua pejabat di daerahnya untuk mengikuti program tersebut pada Agustus mendatang.

"Program sudah dimulai sejak 22 Mei lalu dan terus berlanjut. Selama program berjalan akan dilakukan kolaborasi melalui sistem IT mereka yang dinamakan Global Exchange," lanjutnya.

Pihaknya pun berharap terpilihnya Trenggalek akan memberikan dampak positif terhadap program pengembangan dan inovasi di daerahnya, termasuk menggenjot motivasi para aparatur pemerintah untuk bekerja secara maksimal dalam memajukan daerahnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed